Wajib Tahu! Ini Kombinasi Masker yang Salah dan Tidak Boleh Dipakai

- 19 Februari 2021, 14:21 WIB
Satuan Tugas Penanganan Covid-19 rencanakan strategi pembangunan pos komando secara merata hingga ke tingkat desa dan kelurahan. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito sampaikan rencana tersebut melalui siaran pers pada akun YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 2 Februari 2021.
Satuan Tugas Penanganan Covid-19 rencanakan strategi pembangunan pos komando secara merata hingga ke tingkat desa dan kelurahan. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito sampaikan rencana tersebut melalui siaran pers pada akun YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 2 Februari 2021. /PMJ/YouTube Satpres/

JAKSELNEWS.COM – Kasus positif pandemi Covid-19 hingga saat ini masih terus bertambah. Juru bicara Satgas mengatakan, baru-baru ini Center for Disease Control (CDC) merekomendasikan cara baru pemakaian masker.

Cara baru tersebut adalah menggunakan masker ganda, yaitu masker medis berlapis masker kain.

“Sebuah penelitian baru yang dilakukan di laboratorium, bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya dan orang lain, dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja,” tutur juru bicara Satgas Wiku Adisasmito dalam keterangan pers pada 19 Februari 2021.

Baca Juga: LIPI: Begini Cara Menangani Virus Covid-19 yang Menempel pada Masker

Meskipun begitu, Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa ada kombinasi yang tidak boleh digunakan secara bersamaan.

Sebagaimana diberitakan kembali oleh Jakselnews dari artikel Pikiran Rakyat berjudul Soal Masker Ganda, Wiku Adisasmito Ungkap Ada Kombinasi yang Tidak Boleh Bersamaan, berikut masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan.

  1. Kombinasi tersebut adalah penggunaan dua masker medis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.
  2. Selanjutnya, masker KN95 juga tidak boleh digabungkan dengan masker lain karena masker tersebut sebaiknya digunakan sendiri.
  3. Selain itu, masker KN95 tidak diperuntukan melapisi masker apa pun, baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya.
  4. Penggunaan masker yang harus dihindari lainnya adalah masker yang memiliki katup udara karena berpotensi sebagai celah masuknya virus.
  5. Sementara itu, masker yang terdapat kawat di bagian hidung dan penyangga masker dapat digunakan agar masker dipakai sempurna menyesuaikan bentuk wajah.
  6. Lalu, mengikat karet telinga dan melipat masker juga bisa digunakan agar masker dapat dengan tepat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna.
  7. Terakhir, masyarakat juga diminta untuk konsisten memakai masker saat bersama siapa pun yang tidak tinggal bersama, termasuk di dalam rumah.

Baca Juga: Jangan Salah, Berikut 4 Jenis Masker yang Dapat Lindungi Anda dari Covid-19

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa penggunaan masker yang benar, terbukti ampuh mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x