LIPI: Begini Cara Menangani Virus Covid-19 yang Menempel pada Masker

- 17 Februari 2021, 10:10 WIB
Ilustrasi masker medis.
Ilustrasi masker medis. /WHO



JAKSELNEWS.COM - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga usai. Angka positif kian bertambah dari hari ke hari. Tercatat saat ini jumlah kasus yang ada di Indonesia sudah mencapai 1,22 juta.

Untuk itu masyarakat tetap diimbau untuk tidak lengah dalam menerapkan protokol 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Meski demikian, nyatanya virus Covid-19 ini bisa bertahan selama 7 hari di bagian dalam, dan lebih dari satu minggu di bagian luar masker bedah. Hal itu lantas menjadi sorotan pakar LIPI untuk mensiasati hal tersebut.

Menurut Ratih Asmana Ningrum salah seorang peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) SARS Cov 2 atau Covid-19 memiliki stabilitas yang berbeda di setiap material. "Ketahanan virus ini pada masker bedah mencapai tujuh hari di bagian dalam, dan lebih dari satu minggu di bagian luar," kata dia dalam diskusi daring pada Selasa (16/2) kemarin.

Dia juga menjelaskan virus ini dapat bertahan selama 12 hari pada benda yang terbuat dari plastik. Empat hari bertahan di sarung tangan karet, 21 hari di masker N95. Bahkan virus ini bisa bertahan selama 14 hari pada benda yang terbuat dari stainless stell.

Menurutnya, untuk mematikan virus tersebut diperlukan proses disinfeksi. "Proses disinfeksi bisa membantu mematikan virus yang menempel pada benda-benda, maupun di masker sekalipun. Bisa juga dengan melakukan pemanasan perlengkapan di atas suhu 70 derajat celcius selama lima menit atau merendam di larutan disinfektan," kata dia.

Ratih menyarankan agar limbah rumah tangga dan medis bisa dipisah sedemikian rupa. Terlebih limbah medis harus didisinfeksi dengan menggunakan alkohol sebelum berakhir ke tempat pembuangan sampah. Jika tidak, itu bisa mengenai petugas pembersih yang mengangkut sampah-sampah tersebut. ***

Editor: Winda Destiana Putri

Sumber: LIPI


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x