Moge Roboh Ditendang Paspampres, Ini Kata Mantan Komandan

- 27 Februari 2021, 19:50 WIB
Moge ditendang Paspampres. (YouTube)
Moge ditendang Paspampres. (YouTube) /YouTube

JAKSELNEWS.COM - Sebuah video di laman media sosial yang diunggah di akun instagram @bodanation menjadi viral beberapa hari belakangan ini. Dalam unggahan tersebut, terlihat rombongan motor gede (moge) yang melintas di Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, yang merupakan kawasan Ring 1 Kantor Wapres.

Rombongan moge tersebut dihadang oleh sejumlah anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Lalu, sebuah moge terjatuh karena ditendang oleh seorang pria bertubuh kekar yang diduga anggota Paspampres.

Dalam wawancara live di stasiun televisi tvOne, seorang mantan Komandan Paspampres Letjen TNI Purnawirawan Nono Sampono, mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Paspampres dalam insiden ini memang tindakan yang seharusnya dilakukan. Dalam tupoksinya, Paspampres bertugas menjaga keamanan, keselamatan, dan kenyamanan presiden, tamu, dan keluarganya.

Baca Juga: Tahanan KPK sudah Vaksinasi, Ini Tanggapan Dr. Tirta

Sistem pengamanan Paspampres terbagi ke dalam tiga wilayah, yaitu

  • Ring 1, yang berada di Jl. Veteran (jalur keluar masuk area istana)
  • Ring 2, dan
  • Ring 3

Insiden itu terjadi di area Ring 1 yang diketahui bahwa area tersebut merupakan area VVIP dan merupakan wilayah teritori Paspampres.

"Ring 1 yang berada di Jalan Veteran ini adalah jalur keluar masuk istana. Sebenarnya, area Ring 1 bisa dipakai masyarakat meski ada beberapa aturan yang berlaku dan tidak melanggar," terang Nono yang menjabat sebagai komandan Paspampres pada tahun 2001 hingga 2003 tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Inggris berencana beri Vaksin Covid-19 di Malam Hari saat Bulan Ramadhan

Tindakan yang diambil Paspampres merupakan tindakan cepat dan ringan. Diketahui rombongan moge tersebut tidak mengindahkan peringatan dari Paspampres karena menerobos jalan Veteran pada Minggu pagi. Di samping itu, suara bising dan kecepatan moge yang sangat tinggi dianggap mengancam keselamatan.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: TVone


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x