Buka Rakernas PHRI 2021, Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Bersama Pulihkan Sektor Pariwisata

- 18 Maret 2021, 18:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno ketika memberikan sambutan pada Rakernas PHRI 2021
Menparekraf Sandiaga Uno ketika memberikan sambutan pada Rakernas PHRI 2021 /Dok: Kemenparekraf

JAKSELNEWS.COM - Pandemi Covid-19 tidak hanya melumpuhkan sektor perekonomian saja, tetapi industri pariwisata pun melemah. Untuk itu, vaksinasi massal di wilayah potensi wisata gencar dilakukan.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam kesempatannya membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (18/3).

Dalam acara tersebut, ada beberapa catatan yang disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga, saat memberikan sambutannya. Pertama, ia menjelaskan terkait program vaksinasi bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya baru saja kembali dari Bali mendampingi Presiden Joko Widodo untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi masal di Ubud, Gianyar. Bali sebagai destinasi tulang punggung mendapatkan tugas untuk melakukan vaksinasi sebanyak 2 – 2,5 juta sebelum Juni 2021. Dengan adanya vaksinasi ini diharapkan akan menekan laju penularan COVID-19 dan confidence level Bali meningkat. Sehingga, sesuai dengan arahan Bapak Presiden, pariwisata nusantara sudah bisa kembali lagi ke Bali," jelas Menparekraf.

"Selain itu, mengutip dari Bapak Presiden, kalau semua angka COVID-19 kondusif, serta semua pihak patuh dan kita mendapatkan resiprosity dari negara-negara sahabat mudah-mudahan sekitar bulan Juni atau Juli 2021, kita bisa mulai membuka perbatasan untuk wisatawan mancanegara," tambahnya.

Selain Bali, wilayah Jabodetabek juga akan mendapat prioritas penerima vaksin. "Untuk vaksinasi bagi pelaku pariwisata di wilayah Jakarta sedang kita dorong, dan sudah ada titik terangnya, tapi saya tidak mau obral janji. Selain Bali, Presiden mengatakan bahwa di Jabodetabek juga diprioritaskan untuk pelaku sektor dan pelayan publik," kata Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Uno Bahas Peningkatan Kerja Sama Parekraf dengan Dubes India untuk Indonesia

Menparekraf berharap anggota PHRI di seluruh Indonesia dapat terlibat secara aktif dalam proses vaksinasi, agar pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kembali bangkit.

Kedua, mengenai program stimulus dana hibah pariwisata. Pada 2020, Kemenparekraf sudah menyalurkan dana hibah sebesar Rp 2,2 triliun kepada 6,730 hotel dan 7,630 restoran. Pada tahun 2021 ini, Kemenparekraf mengalokasikan anggaran dengan estimasi sebesar Rp 2,7 – 3,7 triliun untuk disalurkan kepada usaha pariwisata.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x