Sejumlah Kesepakatan antara Indonesia dan China Akan Segera Ditindaklanjuti

- 4 April 2021, 21:42 WIB
Gedung Kedutaan Besar (Twitter / @KBRI_Beijing)
Gedung Kedutaan Besar (Twitter / @KBRI_Beijing) /Twitter / @KBRI_Beijing

JAKSELNEWS.COM – Kesepakatan yang telah dicapai tiga menteri RI dengan pada mitranya di China akan segera ditindaklanjuti oleh Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun.

“Sebagai mitra dangan dan investor utama bagi Indonesia, realisasi kerja sama dengan Tiongkok akan berkontribusi penting dalam pemulihan ekonomi di Indonesia, “ujar Dubes RI untuk Beijing yang dikutip dari Antara.

Tiga menteri dari Indonesia, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri perdagangan M Lutfi, dan Menteri BUMN Erick Tohir melakukan kunjungan ke provinsi Fujian, China, pada kamis 1 April hingga Sabtu 3 April.

Baca Juga: Dianggap Lakukan Genosida, Sejumlah Negara Bereaksi dengan Aksi Boikot Olimpiade Beijing 2022

Menlu Retno bermitra dengan Menlu China Wang Yi. Pada kunjungan tersebut, Menlu Retno menekankan perusahaan-perusahaan vaksin China yang sudah menandatangani komitmen untuk segera memenuhi jadwal penyedia vaksin.

Kemudian, Menlu Retno berharap kepada pemerintah China agar dapat memfasilitasi pemulangan anak buah kapal (ABK) asal Indonesia.

Terakhir, kesepakatan yang diajukan Menlu Retno yakni harapan adanya dukungan dari Chini agar memfasilitasi kembalinya pelajar asal Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di China. Seperti yang diketahui, kegiatan perkuliahan dan sekolah di daratan Tiongkok telah kembali normal sejak akhir 2020.

Baca Juga: Palestina Terima 100.000 Vaksin Dari China

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan pejabat Komisi Supervisi dan Administrasi Aset Milik Negara (SASAC). Menteri Erick juga bertemu praktisi industri baterai listrik dan perusahaan yang membangun kilang peleburan.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x