Penggunaan Masker Ganda Tidak Disarankan Untuk Anak-Anak

- 17 Juli 2021, 11:32 WIB
Juru bicara Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro yang juga bintang iklan
Juru bicara Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro yang juga bintang iklan /covid19.go id/

JAKSELNEWS.COM - Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus mengalami penambahan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia per Jumat, 16 Juli 2021 mencapai 2.780.803 orang.

Dari jumlah tersebut, terjadi penambahan pasien positif Covid-19 sejumlah 54.000 orang dalam kurun waktu 24 jam.
 
Upaya pemerintah melalui kebijakan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, bertujuan untuk menekan angka penyebaran Covid-19. 
 
Masyarakat diimbau menggunakan masker ganda. Tujuannya, untuk mengantisipasi risiko penularan sejumlah varian baru Covid-19.
 
Namun, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, menganjurkan untuk anak-anak tidak menggunakan masker ganda.
 
 
dr. Reisa justru menyarankan agar sementara waktu anak-anak tidak diajak ke luar rumah.
 
"Tapi kalau anak sebenarnya tidak disarankan dobel masker, makanya jangan dibawa keluar rumah, apalagi diajak jalan-jalan,” ujar Reisa saat live Instagram bersama Jubir Presiden Fadjroel Rachman, Jumat (16 Juli 2021).
 
dr. Reisa juga menyarankan masyarakat agar menggunakan dua masker saat keluar rumah. Namun, jika sudah mengenakan masker N95, tidak perlu lagi pakai masker ganda.
 
Menurut Reisa, penggunaan masker juga tidak diperlukan bagi orang-orang yang tinggal satu rumah dan dalam keadaan sehat. 
 
Namun, ketika ada tamu yang tidak serumah dianjurkan untuk mengenakan masker ganda dan tetap menjaga jarak.
 
 
Disisi lain, sebelumnya Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan masker kain masih dimungkinkan terjadi penularan virus. Karenanya disarankan menggunakan masker ganda.
 
“Mengapa masyarakat perlu memakai masker ganda? Bila perlu menggunakan masker double, karena masker kain saja di bagian kiri-kanannya tuh masih ada yang bolong, jadi sangat memungkinkan untuk terjadi penularan,” ujar Nadia
 
Menurut Nadia, masker ganda yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), adalah masker medis dan masker kain berlapis tiga bahan
 
Tips tersebut diyakini dapat menekan risiko penularan varian baru Covid-19.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x