Menkes: 331 Juta Vaksin akan Datang ke Indonesia Mulai Agustus Hingga Desember 2021

- 3 Agustus 2021, 14:00 WIB
ilustrasi vaksin Covid-19
ilustrasi vaksin Covid-19 /Alexandra Koch/Pixabay/

JAKSELNEWS.COM - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Indonesia akan mendapatkan 331 juta vaksin Covid-19 mulai Agustus hingga Desember 2021.

Menurutnya, dari total 331 juta vaksin Covid-19 tersebut, yang sudah pasti akan masuk di Indonesia sebanyak lebih dari 258 juta vaksin sementara 70 juta lebih vaksin sisanya masih finalisasi.
 
"258 juta sudah pasti, sedangkan kita masih ada yang belum pastinya sekitar 70 juta lagi. tapi total kalau semuanya bisa kita peroleh dari Agustus dan Desember itu sekitar 331 juta," ujar Budi saat konfrensi pers secara daring, Senin (2 Agustus 2021).
 
Budi mengatakan, dengan datangnya ratusan juta dosis vaksin tersebut menjadi tantangan untuk dilakukan peningkatan vaksinasi Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia.
 
Namun pihaknya akan berkonsentrasi di daerah-daerah dengan kasus aktif serta angka kematian yang tinggi.
 
 
Dirinya menyatakan ada tujuh daerah aglomerasi yang menjadi konsentrasi pelaksanaan vaksin mulai dari Jawa hingga Bali.
 
"Jadi Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, Solo Raya, Yogyakarta, Surabaya raya, dan juga Malang Raya, dan Bali. Itu adalah daerah yang tingkat kasus aktifnya paling tinggi dan juga kematiannya paling tinggi," ujarnya.
 
Dari ketujuh dareah aglomerasi tersebut dalam satu hari hanya 382.000 suntikan vaksin, untuk itu pada Agustus ini vaksin harus ditingkatkan menjadi 1,2 juta per hari.
 
 
"Bayangkan ada kenaikan hampir 4 kali lipat. Oleh karena itu memang tugasnya kami di Agustus dan September ini akan lebih berat,"
 
"Oleh karena itu kami berharap bahwa rekan-rekan akan bisa terus bekerja sama, TNI, Polri, kepala daerah, kemudian semua civil society, organisasi masyarakatnya, penting kita vaksin seluruh rakyat kita bersama-sama dengan cepat," ujar Budi.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x