Hari Anti Korupsi Kemenkeu dan KPK Kerja Sama Integrasikan ALPHA serta e LHKPN

- 9 Desember 2021, 11:13 WIB
Perjanjian Kerja Sama terkait integrasi ALPHA dan LHKPN di Kemenkeu
Perjanjian Kerja Sama terkait integrasi ALPHA dan LHKPN di Kemenkeu /Kemenkeu

 

JAKSELNEWS.COM - Menandai Hari Antikorupsi Sedunia 2021 yang jatuh 9 Desember Kementerian Keuangan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama untuk mengintegrasikan sistem Aplikasi Laporan Perpajakan dan Harta Kekayaan (ALPHA) dan aplikasi Laporan Harta Pejabat Negara elektronik (e-LHKPN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kerja sama diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan integritas data, serta memberikan manfaat optimal bagi Kementerian Keuangan.

“Namun saya akan menekankan, compliance terhadap sikap tranparansi dalam bentuk laporan harta dan kekayaan seluruh penyelenggara negara harus dilakukan. Nah, upaya untuk men-simplify menjadi sangat bagus. Jadi saya senang dengan inisiatif ini, antara KPK dengan Kementerian Keuangan,” ujar Menkeu.

Baca Juga: Dari Kaki Gunung Slamet, Pengusaha Kecil Gula Palma Memanfaatkan Revolusi Industri 4.0

Di Kementerian Keuangan, integritas merupakan core value dan landasan awal pertama dari kelima nilai Kemenkeu, yakni integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan.

“Jadi kalau kita Kementerian Keuangan selalu bicara tentang integrity, itu ga bicara tentang kita tidak korupsi. Karena di dalam kurungnya ada tiga, yaitu sikap harus selalu accountable, adanya kompetensi dan punya etika. Tiga hal yang merupakan core value integrity minus corruption,” lanjut Menteri Keuangan.

Pencegahan korupsi di lingkungan Kemenkeu dapat dilakukan melaui tiga area utama yang perlu diperhatikan. Tata kelola dengan penguatan leadership, risiko dengan mengenali faktor pendorong berupa tekanan, kesempatan, kapabilitas, dan rasionalisasi, dan pengendalian berupa konsep tiga lini.

 “Selama bertahun-tahun dalam kita memperingati hari antikorupsi selalu saya menekankan betapa pentingnya integritas. Ini adalah identik dengan kehormatan Anda, dengan harga diri Anda. Kalau Anda punya kehormatan dan identitas, seharusnya itu adalah harta yang paling penting,” lanjut Menkeu.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kementerian Keuangan


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x