Wapres Minta Penanganan Jangka Pendek Banjir Longsor Jayapura

- 7 Januari 2022, 17:39 WIB
Tim SAR berupaya mengevakuasi warga di kawasan pasar Youtefa, Kota Jayapura, Papua
Tim SAR berupaya mengevakuasi warga di kawasan pasar Youtefa, Kota Jayapura, Papua /Dok. ANTARA /

JAKSELNEWS.COM - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta penangan jangka pendek segera dilakukan di wilayah bencana banjir dan longsor di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Lima distrik yang diberitakan terdampak bencana ini diantaranya Distrik Jayapura Utara, Distrik Jayapura Selatan, Distrik Abepura, Distrik Heram, dan Distrik Muara Tami.

“Yang kita minta dari Kementerian Sosial supaya segera [menangani], kemudian BNPB untuk menanggulangi korban dan juga dibantu oleh TNI/Polri segera ditangani supaya mereka yang terkena bencana itu bisa ditangani dengan baik, pengungsi dan lainnya,” tegas Wapres Jumat 7 Januari 2022.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, dalam jangka panjang, tidak hanya upaya-upaya bantuan namun antisipasi tanggap bencana juga harus diperkuat.

“Jangka panjangnya, tentu kita harus mengantisipasi sumber-sumber yang menyebabkan terjadinya banjir itu. Bagaimana meminimalisir, kemudian bagaimana masyarakat lebih siap kalau terjadi banjir,” tutur Wapres.

Baca Juga: Cakupan Vaksinasi di Indonesia No 5 Terbanyak di Dunia

Wapres mengatakan secara letak geografis, Indonesia merupakan wilayah yang rawan terhadap terjadinya bencana, sehingga, kewaspadaan dan perencanaan terhadap potensi terjadinya bencana merupakan faktor penting yang harus disiapkan.

“Mungkin selama ini kurang kita perhitungkan seperti Jayapura, ya. Tapi ternyata juga terjadi banjir. Itu harus ditata perencanaan pembangunan kotanya, kemudian juga kesiapan masyarakatnya,” pungkas Wapres.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) pada Jumat masih mengevakuasi warga terdampak banjir dan longsor. Sejumlah perahu karet dan truk serbaguna juga telah disiapkan untuk proses evakuasi warga.***

Editor: Ririn Wulandari


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x