Tidak Kebagian Hotel Saat Gelaran MotoGP Mandalika, Bisa Pesan Homestay di Desa Ini

- 13 Januari 2022, 16:34 WIB
MotoGP Mandalika 2022 semua dikerahkan termasuk penginapan.
MotoGP Mandalika 2022 semua dikerahkan termasuk penginapan. /dok. Kemenparekraf

JAKSELNEWS.COM - Sarana hunian pariwisata (sarhunta) berupa homestay di Dusun Ebangah dan Gerupuk, Desa Sengkol, Kabupaten Lombok Tengah, telah dibangun untuk mendukung gelaran MotoGP.

Kementerian PUPR telah melakukan pembenahan 915 unit di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika.

Hunian tersebut terdiri atas 398 homestay dan 517 rumah swadaya. Sarhunta tersebut dapat menjadi alternatif akomodasi para wisatawan yang datang bekunjung guna menikmati ajang MotoGP.

Sarhunta yang dibangun oleh pemerintah telah dilengkapi oleh sejumlah fasilitas penginapan seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan kamar mandi dalam.

Baca Juga: Kominfo Telusuri Dugaan Kebocoran Data Pelamar Kerja di PertaminaTraining & Consulting

Selain itu, hunian dalam sarhunta tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif..

Presiden Joko Widodo Kamis 13 Januari 2022 meninjau persiapan sarhunta. Presiden menyebut, gelaran balap motor kelas dunia tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor tetapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, beberapa desa di sekitar Sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu dari pemerintah pusat, disiapkan oleh pemerintah daerah,” ujar Presiden.

Presiden pun optimistis bahwa sarhunta yang telah dibenahi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut akan terisi penuh saat gelaran MotoGP nanti.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x