Antisipasi Gelombang Lanjutan Covid-19, Indonesia Akan Produksi Molnupiravir Mulai April

- 15 Januari 2022, 10:16 WIB
Ilustrasi obat Covid-19.
Ilustrasi obat Covid-19. /Pixabay/Jarmoluk

 

JAKSELNEWS.COM - Pemerintah menyiapkan obat anti virus baru antara lain molnupiravir dan paxlovid untuk  menghadapi gelombang lanjutan virus COVID-19.

PT Amarox akan memproduksi molnupiravir dimulai April atau Mei 2022 sebagai bagian dari upaya menjaga ketersediaan obat COVID-19 dalam negeri.

Saat ini Kemenkes sudah mengamankan 400 ribu tablet molnupiravir yang sudah disiapkan oleh PT Amarox.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia saat ini sedang dalam tahap masuk ke gelombang berikutnya varian Omicron. Diperlukan ketersediaan obat COVID-19 untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Beberapa varian obat yang pasti kita butuhkan adalah obat-obat anti virus seperti favipiravir dan juga molnupiravir. Kalau kita bisa dengan segera mendapat akses ke obat-obat tersebut akan sangat membantu untuk penanganan COVID-19 ini,” katanya usai peresmian PT. Amarox Pharma Global di kawasan Delta Silicon 3, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jumat.

Baca Juga: Agensi Akan Tuntut Penyebar Rumor Palsu tentang Bintang Ghost Doctor, Rain

Indonesia, lanjutnya, merasa sangat penting bukan hanya ketersediaan obat COVID-19 tapi juga pembuatan obat nya dilakukan di dalam negeri.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya saat terjadi lonjakan kasus di beberapa negara, Indonesia mengalami kesulitan dari logistik pengiriman obat-obatan ke Indonesia.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini