Mahasiswa Bisa Ikut Magang Bersertifikat di Pasar Rakyat di 15 Kota Ini

- 19 Januari 2022, 10:45 WIB
Ilustrasi: Mahasiswa bisa ikut magang bersertifikat di pasar rakyat
Ilustrasi: Mahasiswa bisa ikut magang bersertifikat di pasar rakyat /DOK IAILM Suryalaya/

JAKSELNEWS.COM- Kementerian Perdagangan bersinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan program Penggerak Muda Pasar Rakyat.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi optimistis kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing pedagangdan pengelola pasar rakyat serta memberi pengalaman penting bagi mahasiswa bekerja di pasar rakyat.

“Dengan sinergi ini, mahasiswa akan membantu pemerintah melaksanakan program dan kebijakan terkait pembinaan kepada pedagang dan pengelola pasar rakyat secara komprehensif," Kata  Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui Magang Bersertifikat ‘Penggerak Muda Pasar Rakyat’ dilakukan dalam bentuk tiga kegiatan.

Baca Juga: 9 Institusi Diproses untuk Menjadi Lembaga Pemeriksa Halal, Ini Daftarnya

Ketiganya, Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat, Penerapan Digitalisasi Pasar Rakyat, serta Aktivasi Sekolah Pasar dan pertukaran data dan informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Magang Bersertifikat ‘Penggerak Muda Pasar Rakyat’ sendiri bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa di pasar rakyat selama satu semester. 

Mahasiswa nantinya akan mendapatkan keterampilan, mampu menyelesaikan permasalahan pekerjaan yang kompleks, adaptif, dan soft skill lainnya seperti etika profesi pekerjaan, komunikasi, dan kerja sama.

Diselenggarakan di 15 Kabupaten Kota

Magang Bersertifikat ‘Penggerak Muda Pasar Rakyat’ direncanakan akan dilaksanakan di beberapa pasar rakyat yang tersebar di 15 kabupaten/kota.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kominfo Kemendag


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x