Akhir-Akhir Ini Cuaca Terasa Lebih Panas, Ini Penjelasan BMKG

- 7 September 2020, 16:12 WIB
Akhir-akhir ini cuaca panas, ini penjelasan dari BMKG. (Pixabay)
Akhir-akhir ini cuaca panas, ini penjelasan dari BMKG. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Diketahui bahwa cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia akhir-akhir ini terasa sangat panas dari biasanya. Bahkan, di daerah yang biasanya mempunyai cuaca dingin, suhu udara bisa mencapai lebih dari 30 derajat celsius pada siang hari.

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika pun menjelaskan penyebabnya. 

Dikutip Jakselnews.com dari artikel Galamedia.Pikiran-Rakyat.com berjudul Kok Cuaca Akhir-akhir Ini Terasa Lebih Panas Ya? BMKG Beberkan Penyebabnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan BMKG tersebut, terdapat dua teori untuk menjelaskan penyebab kondisi cuaca bisa terasa lebih panas seperti sekarang.

Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Iklim BMKG, Supari, mengatakan bahwa kedua teori itu sama-sama bertumpu pada pola kemarau tahun ini.

Ia pula menjelaskan, teori pertama adalah karena kombinasi suhu yang tinggi dan kelembaban yang juga tinggi.

Supari lebih lanjut menjelaskan bahwa berdasarkan data yang dimiliki BMKG, kemarau tahun ini menyebabkan suhu permukaan rata-rata di seluruh Indonesia menjadi lebih tinggi.

Lantas, cuaca pun jadi terasa lebih panas dari biasanya.

Selama bulan Agustus, suhu udara bisa mencapai 24-27 derajat Celcius atau lebih tinggi satu derajat daripada suhu normal.

Sementara kelembaban udara permukaan sepanjang Agustus juga lebih lembab dari biasanya. Hal tersebut berkisar lima persen di atas kelembaban normal.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x