Banyak Kendaraan Keluar Jakarta Sambut Libur Panjang, Hindari Jalur Puncak!

- 28 Oktober 2020, 09:05 WIB
Ilustrasi Sejumlah kendaraan memadati jalur puncak Bogor.
Ilustrasi Sejumlah kendaraan memadati jalur puncak Bogor. /ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

JAKSELNEWS.COM - Memasuki libur panjang merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW membuat volume kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Barat melonjak. Tak terkecuali jalur Puncak yang kerap kali menjadi tujuan pelancong untuk mengisi liburan mereka.

Puncaknya diprediksi akan terjadi pada Rabu (28/10) hari ini. Hal itu seperti dikatakan oleh Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru yang mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan pada libur panjang nanti untuk menghindari jalur puncak.

Menurut Heru prediksi puncak volume lalu lintas (lalin) untuk arus mudik adalah pada hari Rabu (28/10) dan prediksi untuk puncak arus balik terjadi pada hari Minggu (1/11). Dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan perjalanan untuk menghindari jalur tersebut.

"Khusus pada layanan di tempat istirahat, Jasa Marga mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50 persen, sebagai pencegahan penyebaran Covid-19," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Operation and Maintenance Management Group Head PT Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra, bahwa volume lalu lintas keluar Jakarta selama empat hari periode libur 27-30 Oktober 2020 akan naik sekitar 21,77 persen dibandingkan dalam kondisi normal.

"Lalu lintas meninggalkan Jakarta ke arah Timur menuju Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang serta Padaleunyi sebesar 48,17 persen. Sementara 28,32 persen ke arah Barat menuju Banten/Merak dan 23,51 persen ke arah Selatan yang merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor/Puncak/Ciawi," kata Bima pada Senin 26 Oktober 2020 mengutip laman Pikiran Rakyat dengan judul artikel Hari Ini 28 Oktober 2020 Kendaraan Keluar Jakarta Melonjak, Hindari Jalur Puncak.

Angka tersebut menurut Bima merupakan penghitungan kumulatif lalu lintas yang terjadi di beberapa cabang Gerbang Tol Utama seperti Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama serta Kalihurip Utama.

Jasa Marga mengaku akan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menyiapkan petugas mobile reader di beberapa gerbang utama tadi. Selain itu pihaknya juga menghentikan beberapa pekerjaan konstruksi pada periode liburan ini. *** (Pikiran Rakyat/ Mochammad Iqbal Maulud).

Editor: Winda Destiana Putri

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x