Soal Pemadaman Listrik Secara Tiba-tiba di Jakarta, Ini Alasannya Menurut Erick Thohir

- 2 November 2020, 16:53 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengontrog kantor PLN.
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengontrog kantor PLN. /PT PLN (persero)./

JAKSELNEWS.COM - Seperti yang diketahui, pemadaman listrik melanda Jakarta dan sekitarnya yang secara tiba-tiba dan tanpa pemberitahunan membuat riuh atau ramai warganet.

Menyingkapi hal tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir angkat bicara menuturkan bahwa hujan deras disertai petir menjadi pemicu pemandaman listrik secara tiba-tiba tersebut.

"Hujan deras disertai petir yang terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan sejumlah Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) mengalami gangguan pada pukul 12.58 wib," kata Erick kepada wartawan, Minggu 1 November 2020, dikutip Jakselnews.com dari artikel Galamedia.Pikiran-Rakyat.com berjudul Ini Penyebab Pemadaman Listrik Secara Tiba-tiba di Jakarta Menurut Menteri BUMN Erick Thohir.

Erick pun mengaku, dirinya pula ikut memantau petugas PLN menyalakan kembali aliran listrik di rumah seluruh pelanggannya. salah satu Upaya pemulihan dengan cara memindahkan beban listrik pada jaringan lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#SobatBUMN, Menteri BUMN Erick Thohir langsung turun tangan meninjau upaya PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam melakukan pemulihan jaringan listrik yang sempat mati siang ini, Minggu (1/11/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Minggu siang ini, menyebabkan mati lampu di sejumlah daerah ibu kota dan sekitarnya. Tagar "Mati Lampu" juga menjadi trending di Twitter dengan 20.000 lebih cuitan. Mati lampu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB selama hampir satu jam. Sebagian daerah melaporkan listrik sudah menyala pada pukul 13.50 WIB. Sejumlah daerah yang mengalami mati lampu adalah Tanjung Priok di Jakarta Utara, Pasar Minggu dan Tebet di Jakarta Selatan, Cibubur di Jakarta Timur, hingga Depok di Jawa Barat. Menurut keterangan resmi PLN, pemadaman terjadi karena hujan deras disertai petir yang terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya menyebabkan sejumlah Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV di wilayah Jakarta dan Depok mengalami gangguan pada pukul 12.58 WIB. "PLN mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian wilayah Jakarta mengalami padam," tulis PLN. Secara bertahap PLN akan melakukan penormalan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lainnya Saat ini tim tengah melakukan upaya pengecekan dan upaya perbaikan untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan. Proses penormalan terus dilakukan. #BUMNuntukIndonesia

A post shared by Akun resmi Kementerian BUMN RI (@kementerianbumn) on

“Tim tengah melakukan upaya pengecekan dan perbaikan untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan. PLN akan segera memberitahukan setiap perkembangan terkait proses recovery tersebut,” pungkasnya.*** (Dadang Setiawan/Galamedia)

Editor: Husain F.P

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x