6 Tips dan Trik Beli Mobil Bekas Supaya Terhindar dari Kerugian

- 2 September 2020, 05:51 WIB
Tips beli mobil bekas. (Pikiran Rakyat)
Tips beli mobil bekas. (Pikiran Rakyat) /Pikiran Rakyat

JAKSELNEWS.COM - Beli mobil bekas adalah salah satu alternatif agar bisa memiliki kendaraan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru yang harganya relatif lebih tinggi. Saat ini memiliki sebuah mobil pribadi sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Mobil memang dapat membantu menunjang mobilitas aktivitas Anda sehari-hari. Bepergian menggunakan mobil pribadi tentu dapat membuat perjalanan menjadi lebih cepat, aman dan nyaman.

Saat ini banyak sekali showroom-showroom yang menjual mobil bekas, baik mobil yang memiliki harga rendah, menengah, dan harga yang tinggi pun tersedia di berbagai pasaran mobil bekas. Untuk membeli mobil second, calon pembeli diharapkan menyesuaikan budget yang dimilikinya dengan mobil yang diinginkannya.

Bukan cuma itu, calon pembeli juga diharapkan memiliki pengetahuan terkait mobil yang diinginkannya. Banyak kasus yang terjadi setelah beli mobil, pihak pembeli mobil tersebut komplain karena mobil yang dibelinya sangat boros bensin, mesinnya mudah panas, dan sederet keluhan lain. Oleh karena itu, dalam membeli mobil yang tak baru lagi, harus mengetahui sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah tips dan trik dalam memilih dan beli mobil bekas:

1. Sesuaikan dengan bujet

ILUSTRASI uang (Pinterest.com)
ILUSTRASI uang (Pinterest.com) ILUSTRASI uang (Pinterest.com)

Hal pertama yang wajib diperhatikan yaitu menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki saat ini. Jangan sampai nekat beli mobil bekas yang harganya melebihi bujet. Selain itu jika membeli sebuah mobil bekas calon pembeli wajib menyiapkan bujet lebih untuk melakukan perbaikan atau perawatan. Meskipun membeli sebuah mobil bekas dalam kondisi baik bukan berarti mobil tersebut tidak perlu melakukan perawatan kembali. 

Ketika membeli mobil yang tak baru lagi, pasti Anda akan kembali mengeluarkan biaya ekstra, seperti perawatan tambahan, atau memang perlu ada pergantian komponen. Belum lagi, harus membeli bahan bakar atau tambahan asuransi. Jadi, sediakan bujet lebih untuk perawatan mobil bekas yang baru saja dibeli. 

2. Pilih baik-baik sebelum beli mobil bekas yang diinginkan

ILUSTRASI mobil bekas. (Pikiran-rakyat.com)
ILUSTRASI mobil bekas. (Pikiran-rakyat.com) ILUSTRASI mobil bekas. (Pikiran-rakyat.com)

Dalam memilih mobil yang diinginkan perlu mempertimbangkan berbagai hal, termasuk jarak tempuh yang sudah ditempuh mobil tersebut, harga, fitur dan ketersediaan bengkel atau penjual suku cadang brand mobil yang akan dibeli di kota tempat tinggal Anda. Namun, karena kemudahan teknologi, mencari mobil bekas tentu saja bisa dilakukan melalui situs jual beli online agar lebih menghemat waktu. 

Tidak hanya itu, dalam melakukan pemilihan mobil harus menentukan mobil apa yang diinginkan, hendaknya tidak hanya bergantung pada satu showroom saja. Karena, dengan demikian Anda dapat menemukan yang terbaik dari banyak pilihan. 

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x