14 Cara Menghemat Listrik yang Efektif dan Mudah

- 9 Desember 2020, 21:01 WIB
Cara menghemat listrik. (Pixabay)
Cara menghemat listrik. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Dapat mengetahui cara menghemat listrik tentunya menjadi keinginan setiap orang, pasalnya kita sebagai manusia pasti membutuhkan listrik untuk kelangsungan hidup.

Namun jika bisa tetap menggunakan listrik sekaligus menghemat listrik dalam waktu bersamaan akan lebih baik untuk kelangsungan hidup kedepannya. Berikut beberapa cara menghemat listrik untuk mengurangi pemakaian energi listrik di rumah Anda.

1. Ganti dengan listrik sistem pulsa listrik

Listrik sistem pulsa atau listrik prabayar dapat dijadikan pilihan ketika anda ingin menghemat listrik. Pemerintah bersama dengan PLN memang sudah mewajibkan meteran listrik dengan sistem pulsa untuk digunakan di setiap rumah. 

Dengan menggunakan listrik prabayar tidak perlu khawatir akan tagihan listrik yang membengkak, karena pengguna dapat mengatur sendiri berapa banyak listrik yang mampu dikeluarkan sesuai dengan budget yang dimiliki.

2. Cabut kabel yang tidak digunakan dari stop kontak

Tidak mencabut kabel terkadang menjadi kebiasaan sebagian orang. Memang lebih mudah ketika akan digunakan nantinya tidak perlu memasangkan kembali, namun tindakan ini ternyata salah. Membiarkan kabel yang tidak digunakan terus menerus tersambung ke aliran listrik akan membuat tagihan listrik semakin membengkak.

Meskipun kabel tidak digunakan tetapi aliran listrik akan terus berjalan jika kabel terus menerus tersambung. Jadi, mencabut kabel yang sekiranya tidak diperlukan dan tidak digunakan dari stop kontak adalah salah satu cara menghemat listrik paling ampuh.

3. Gunakan lampu seperlunya

Penggunaan lampu memang menjadi kebutuhan banyak orang, terlebih jika menyalakan lampu di siang hari hanya akan membuat tagihan listrik anda membengkak. Oleh karena itu bijaklah dalam penggunaan lampu, baik di siang hari maupun malam hari.

Lampu dengan daya kecil dapat dijadikan solusi untuk digunakan ketika malam hari, selain dapat memanjakan mata dengan cahaya yang tidak terlalu terang, lampu dengan daya kecil juga dapat membantu menghemat listrik di rumah.

4. Kurangi penggunaan dispenser

Secara kumulatif, ternyata penggunaan mesin pemanas dan pendingin yang ada pada dispenser hanya membuat listrik semakin boros, bahkan lebih besar dibandingkan dengan penggunaan AC dan kulkas. 

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x