5 Saran Kominfo tentang Kegiatan Promosi Produk Investasi Ilegal di Media Sosial

- 23 Februari 2022, 08:10 WIB
 Kominfo menyampaikan 5 saran tentang Kegiatan Promosi Produk Investasi Ilegal di Media Sosial
Kominfo menyampaikan 5 saran tentang Kegiatan Promosi Produk Investasi Ilegal di Media Sosial /kominfo

JAKSELNEWS.COM - Banyak promosi investasi ilegal di media sosial, termasuk yang dilakukan oleh pesohor  berujung kerugian besar. Untuk itu Kementerian Komunikasi dan Informatika mengingatkan masyarakat agar makin waspada.

1. Kementerian Komunikasi dan Informatika secara konsisten melaksanakan amanat UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) beserta aturan perubahan dan turunannya untuk memfasilitasi Kementerian/Lembaga yang berwenang dalam memutus konten yang melanggar peraturan perundang-undangan.

2. Sesuai ketentuan hukum yang berlaku, kegiatan periklanan dan promosi produk merupakan ranah Kementerian Perdagangan. Kementerian Kominfo memfasilitasi pengawasan kegiatan penyelenggara sistem elektronik dengan melakukan pemutusan akses terhadap konten promosi produk investasi yang melanggar peraturan perundang-undangan sesuai permintaan Kementerian Perdagangan.

3. Kominfo mengimbau para pemilik akun media sosial untuk tidak mempromosikan produk yang melanggar peraturan perundang-undangan. Di saat bersamaan, kami mengajak warganet untuk secara aktif membangun ruang digital yang positif dan produktif. 

Baca Juga: Sekarang Vaksinasi Booster Lansia Bisa Dilakukan Setelah 3 Bulan

4. Kominfo mengajak masyarakat untuk semakin berhati-hati jika terlibat dalam kegiatan investasi. Jangan mudah tergiur dengan janji profit yang tinggi, ataupun tawaran lain serupa. Selalu periksa legalitas platform, dan laporkan kepada instansi yang berwenang apabila menemukan pelanggaran terhadap peraturan perundangan yang berlaku.  

5. Kementerian Kominfo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama meningkatkan kemampuan literasi digital sehingga dapat memanfaatkan internet secara produktif, dan tidak ikut terlibat dalam kegiatan daring yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku. 

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x