Jadi Pekerjaan Baru Incaran Milenial, Berapa Gaji Youtuber?

- 5 September 2020, 08:30 WIB
Berapa gaji YouTuber? (Dribble)
Berapa gaji YouTuber? (Dribble) /Dribble

JAKSELNEWS.COM - Banyak orang yang penasaran seberapa besar gaji YouTuber, atau lebih tepatnya pendapatan dari para pembuat konten di YouTube. Namun, sebelum menjawab pertanyaan itu, ketahui dulu bahwa hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 69.64 persen orang Indonesia menggunakan internet untuk menonton video, salah satunya di YouTube.

Kegemaran masyarakat akan konten video pada platform YouTube memunculkan jenis pekerjaan baru, yaitu youtuber. YouTube sendiri telah menguasai market share platform video di Indonesia. Youtuber merupakan orang yang membuat konten berupa video yang kemudian diunggah ke platform YouTube. 

Kemunculan nama-nama youtuber yang dikenal oleh masyarakat seperti Raditya Dika, Ria Ricis, Atta Halilintar, atau skinnyindonesian24 yang dikelola oleh kakak-beradik Jovial dan Andovi membuat kaum milenial semakin mengidam-idamkan menjadi seorang youtuber.  

Mereka ingin terlibat dalam proses produksi konten berkualitas tinggi dengan berbagai bidang, misalnya mulai dari pengembangan ide, melakukan research, atau sekedar membuat video blog tentang kehidupan sehari-hari yang tentunya bukan hal yang mudah. Mulai dari merekam hingga proses editing menjadi konten video yang menarik merupakan hal yang perlu dipelajari pelan-pelan dari awal. Lalu, dengan popularitas yang diraih dan usaha yang diperlukan, berapa sih gaji youtuber

Di Indonesia, secara umum, youtuber akan memperoleh bayaran sekitar Rp 7.000,- setiap kali video yang diunggahnya ditonton sebanyak 1000 kali. Jika video yang diunggah oleh para kreator mendapatkan 1 juta views, maka pendapatan yang akan diperoleh youtuber tersebut diperkirakan sekitar 7 juta rupiah.

Dalam YouTube, selain uang yang dihasilkan dari jumlah views, terdapat juga uang yang dihasilkan setiap penonton mengklik iklan pada video atau akun YouTube tersebut. Untuk setiap kali 1000 tayangan, biasanya hanya akan mendapat 3 klik, yang berarti youtuber akan mendapatkan tambahan uang sekitar 15 ribu rupiah. 

Cara mendapatkan uang dari konten YouTube dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengaktifkan iklan pada video, melakukan promosi berbayar melalui konten video yang diunggah ke YouTube, atau meminta para penonton untuk berdonasi sebelum melihat konten video.

Terlebih saat ini, YouTube juga telah memiliki fitur membership yang sudah resmi hadir di Indonesia. Membership pada akun YouTube para kreator memungkinkan penonton atau penggemar merasa lebih dekat dengan kreator idola mereka. Dengan membayar biaya langganan 29.900 sampai 39.900 atau sesuai ketentuan pemilik akun setiap bulannya, para penggemar akan mendapatkan konten eksklusif, emoji, dan badge khusus. 

Nah ternyata, gaji youtuber ditentukan dari kualitas kontennya juga ya. Jika konten yang disajikan menarik atau dirasa bermanfaat, pastinya ini akan membantu menaikkan views. Jika Anda tertarik menjadi seorang youtuber dengan gaji yang fantastis, mungkin Anda bisa mulai belajar mengembangkan ide untuk membuat konten video berkualitas tinggi.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x