Saat Gedung DPR 'Dijual Murah' di Toko Online, Ini Kata Shopee-Tokopedia

- 8 Oktober 2020, 14:46 WIB
Gedung DPR
Gedung DPR /Tania Latief/Gedung DPR Nusantara I. /Antara

JAKSELNEWS.COM - Gedung DPR/MPR RI di Senayan, Jakarta, beserta isinya heboh diinformasikan dijual murah di beberapa platform e-commerce sejak Rabu, 7 Oktober 2020. Lantas, apa kata pihak Shopee hingga Tokopedia? 

Di salah satu platform situs jual beli online Shopee tertuliskan, gedung wakil rakyat beserta anggota yang ada di dalamnya dijual dengan harga berkisar Rp5.000 hingga Rp10.000. 

Banyak pihak yang menduga aksi ini merupakan bentuk kekesalan publik atas pengesahan UU Cipta Kerja di DPR dalam Rapat Paripurna, Senin 5 Oktober 2020 lalu. Padahal, sejak digulirkan pertama kali, elemen masyarakat sipil sudah menolak lantaran dinilai tidak berpihak pada buruh dan hanya menguntungkan pengusaha besar. 

Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, pihaknya memiliki tim internal yang memantau aktivitas produk-produk yang dijual di Shopee. Tujuannya, agar semua produk yang dijual sesuai dengan regulasi dan norma-norma sosial. 

"Untuk itu, kami telah memastikan semua produk terkait dan toko yang menjual Gedung DPR di aplikasi Shopee yang tak sesuai dengan standar ketentuan penjualan produk di aplikasi kami," kata Radityo dalam keterangan tertulis, Rabu 7 Oktober 2020. 

Lebih lanjut, Radityo memaparkan, pihaknya akan segera menurunkan Gedung DPR yang dijual di platform Shopee guna menjaga kenyamanan pengguna. Dia juga menyarankan para pengguna melaporkan penjual atau produk yang meresahkan masyarakat. 

"Jika terdapat penjualan produk-produk yang dirasa berpotensi merugikan pengguna, para pengguna juga dapat berkontribusi untuk melaporkan seller maupun produk yang meresahkan kepada pihak Shopee melalui aplikasi kami," imbuhnya. 

Gedung DPR dijual Rp666, ini kata Tokopedia

Senada dengan Shopee, e-commerce Tokopedia juga memastikan pihaknya akan menindak tegas penyalahgunaan pada platform Tokopedia.

"Saat ini kami terus menindaklanjuti laporan tersebut sesuai prosedur," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya," demikian dikutip Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul Gedung DPR Dijual Murah, Tokopedia Siap Menindak Tegas Pelaku.

Halaman:

Editor: Tania Latief

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x