Ada Bagi-bagi Insentif untuk 1300 Pengguna PLTS ATAP, Simak Syarat dan Caranya

- 10 Februari 2022, 17:00 WIB
Ada Bagi-bagi Insentif untuk 1300 Pengguna PLTS ATAP, Simak Syarat dan Caranya
Ada Bagi-bagi Insentif untuk 1300 Pengguna PLTS ATAP, Simak Syarat dan Caranya /esdm

JAKSELNEWS.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, meluncurkan Hibah Sustainable Energy Fund (SEF) untuk PLTS Atap, sebesar US$ 8 juta atau sekitar Rp 114 miliar.

Hibah ini merupakan bagian Proyek Market Transformation for Renewable Energy and Energy Efficiency through Design and Implementation of Appropriate Mitigation Actions in Energy Sector (MTRE3).

Program ini berlaku untuk 2022 dengan kuota terbatas, jumlahnya bisa dilihat dalam sistem aplikasi I-surya yang akan diluncurkan hari ini.

Dalam webinar bertajuk Peluncuran Hibah SEF Insentif PLTS ATAP Kamis, 11 Februari 2022 disebutkan insentif  hibah PLTS Atap ini menggunakan alokasi dana hibah SEF dari Global Environment Facility (GEF) dan akan dikelola maupun didistribusikan oleh Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

BPDLH merupakan salah satu Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan untuk mengelola dana dan pembiayaan terkait lingkungan, termasuk energi.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan inovasi pembiayan akan meningkatkan minat investor dan masyarakat terhadapa pemanfaatan energi surya.  

"Insentif ini diharapkan dapat mencapai nilai keekonomian PLTS Atap sehingga investasinya menjadi lebih menarik dan dapat mendorong pemasangan PLTS Atap secara masif dan berkontribusi pada pencapaian target EBT maupun penurunan emisi GRK."

Pemberian insetif ditargetkan untuk para pelanggan PT PLN, dari golongan rumah tangga, sosial, bisnis dan industry dengan fokus pada UMKM.  Program ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sebesar 5 mega watt, untuk 1300 pelanggan.

Diharapkan dapat mendorong minat investasi masyarakat, khususnya untuk mendorong penggunaan energi  baru terbarukan EBT dan berkontribusi terhadap capaian target energi baru terbarukan pada bauran energi nasional. 

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: webinar Peluncuran Hibah SEF Insentif PLTS ATAP


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x