Koperasi Produsen Udang Vaname Catat Kestabilan Usaha di Kala Pandemi

- 18 Februari 2021, 15:09 WIB
Pengemasan udang vaname yang dilakukan Koperasi Produsen Mitra Wira Terpadu sebelum dikirim ke pabrik pengolahan.
Pengemasan udang vaname yang dilakukan Koperasi Produsen Mitra Wira Terpadu sebelum dikirim ke pabrik pengolahan. /Pikiran-rakyat.com/Tommi Andryandy/

 

JAKSELNEWS.COM - Berbagai dunia usaha masih belum dapat keluar dari krisis sejak adanya Covid-19 yang melanda Indonesia. Hal itu dikarenakan perekonomian yang masih belum pulih sepenuhnya. Namun di tengah kondisi ini, koperasi produsen justru masih mampu untuk bertahan. 

Mereka bahkan dapat dikatakan berhasil dalam menjaga stabilitas usahanya. Misalnya saja apa yang dilakukan oleh Koperasi Produsen Mitra Wira Terpadu (KPMWT). 

Sejak resmi didirikan pada 2019 lalu, koperasi produsen ini mencatatkan usaha yang cukup stabil. 

Baca Juga: 6 Hal Mendasar yang Harus Dimiliki Pebisnis Kalau Ingin Sukses

“Menjadi hal baik bagi kami dan para anggota yang masih bisa bertahan dengan kondisi ini, bahkan stabil,” ujar Ketua KPMWT Frans Peter Tio usai meresmikan Unit Pelatihan KPMWT di Cikarang, Rabu, 17 Februari 2021. 

KPMWT merupakan koperasi produsen yang bergerak dalam usaha penjualan udang vaname sejak mereka didirikan. Usaha itu dijalankan dengan menggunakan simpanan para anggotanya.

“Konsepnya, jadi kami bersama-sama dengan anggota untuk membuat usaha, yang kini dijalankan, yaitu penjualan udang. Laba yang dihasilkan itu kemudian dibagikan kepada para anggota. Jadi berbeda dengan koperasi simpan pinjam, kami ini koperasi produsen, yaitu bersama-sama dengan anggota membuat usaha.” ujar Frans seperti diberitakan sebelum dari artikel Pikiran Rakyat berjudul Resmikan Unit Pelatihan di Cikarang, Koperasi Produsen Udang Vaname Catat Stabilitas Usaha Kala Pandemi.

Frans menambahkan, KPMWT saat ini setidaknya telah memiliki sekitar 4.000 anggota yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. 

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x