4 Cara Jitu Cari Pemasukan Tambahan saat Pandemi, Lumayan Banget!

- 11 Februari 2021, 11:00 WIB
Tips cari penghasilan tambahan saat pandemi. (Pixabay)
Tips cari penghasilan tambahan saat pandemi. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Banyak yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi Covid-19. Tapi, bukan berarti peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru atau bahkan menambah penghasilan tambahan bukanlah hal yang mustahil.

Mencari penghasilan tambahan dapat membantu menyehatkan keuangan kita di masa pandemi ini. Jelas saja, dengan tambahan pemasukan bulanan maka kita bisa mendapat surplus arus kas bersih yang bisa digunakan untuk menabung maupun investasi.

Nilai arus kas bersih didapat dari hasil selisih total pemasukan bulanan dan pengeluaran. Jumlah arus kas bersih ideal yang semestinya dimiliki setiap orang adalah setara dengan 10% dari total pemasukan per bulan, lebih besar tentu lebih baik. 

Baca Juga: Ingin Nambah Penghasilan saat Pandemi? Intip Tips Sukses Bisnis Tanaman Hias Ini

 

"Apabila arus kas bersih minus (defisit), hal itu menandakan seseorang memiliki pengeluaran yang lebih besar dari pemasukannya. Alhasil, seorang yang bersangkutan harus mengambil dana dari total aset lancar (tabungan, kas, dan setara kas) untuk memenuhi kebutuhannya atau berutang jika memang tidak lagi memiliki cadangan dana," kata edukator finansial Lifepal Aulia Akbar CFP dalam rilis pers yang diterima Jakselnews, Kamis 11 Februari 2021.

Aulia mengatakan, terdapat dua cara untuk memitigasi masalah defisit arus kas yaitu mengurangi pengeluaran dan mencari sumber pemasukan lain.

Ia menambahkan, ada empat cara yang bisa coba dilakukan beserta risiko-risikonya. 

1. Cari kerja sampingan

Kerja sampingan merupakan salah satu cara efektif untuk menambah jumlah pemasukan per bulan Anda. Akan tetapi sumber penghasilan yang didapat dari kerja sampingan adalah penghasilan aktif atau yang akan memakan waktu, pikiran, dan juga tenaga.

"Beberapa di antara kita mungkin terpaksa mencari sumber pendapatan dari menjadi driver online atau kurir pengantar barang, sementara itu yang lain memilih untuk bekerja paruh waktu dengan memanfaatkan situs perantara pekerja freelance dan klien," tutur Aulia soal kemungkinan berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Lifepal.co.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x