Bingung Bikin Kemasan Produk? Manfaatkan Platform Digital E Kemasan dari Kemenprin

- 15 Desember 2021, 10:41 WIB
Contoh kemasan
Contoh kemasan /

JAKSELNEWS.COM -Kemasan produk berperan penting dalam mendorong daya saing produk industri karena berfungsi sebagai penentu bisa masuk ke pasar, dibeli, dan digemari para pelanggan.  

Untuk meningkatkan kualitas kemasan produk industri kecil dan menengah (IKM), Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) membangun platform digital e-Kemasan IKM.

Platfom ini berfungsi sebagai hubantara IKM, rumah kemasan daerah, penyedia bahan dan penyedia teknologi kemasan, serta para pemangku kepentingan lainnya.

“Packagingitu penting dan harus selalu diperbaiki, baik dalam segi branding, warna,maupun kemasan, sehingga saat masuk ke pasar, barang menjadi enak dilihat serta meningkatkan minat konsumen untuk membelinya,” kata Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita

Baca Juga: Harga Emas di Antam 15 Desember Anjlok Rp 5.000, Bagaimana dengan Harga di Pegadaian?

Platform digital e-Kemasan IKM dapat diakses melalui laman e-klinikdesainmerekemas.kemenperin.go.id. Dalam platform ini, terdapat beragam fitur dan informasi terkait kemasan,meliputi data rumah kemasan, mitra kemasan, asosiasi/ komunitas, dan perguruan tinggi.

Ada juga  referensi KBLI untuk IKM, kalender kegiatan dan event mengenai kemasan, regulasi, artikel hingga e-learning terkait kemasan, dan forum diskusi antar sesama pengguna platform digital. Dalam platform digital e-Kemasan IKM initerdapat menu dashboard yang tidak hanya bermanfaat bagi Klinik Desain Merek Kemas (KDMK), namun juga bagi rumah kemasan daerah yang bergabung.

Baca Juga: Ini 5 Kawasan yang Dikembangkan untuk Model Perluasan Kesempatan Kerja

“Sampai saat ini, antusiasme masyarakat, terutama IKM dan stakeholder, kemasan terhadap platform digital e-Kemasan IKM sangat tinggi. Terlihat dari banyaknya stakeholder yang sudah bergabung dalam platform digital e-Kemasan IKM seperti rumah kemasan­­­, supllier bahan kemasan, supplier teknologi pengemasan dan IKM,” kata Reni.***

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kementerian Perindustrian RI


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x