Vaksin Sputnik V Asal Rusia Diklaim Ampuh Cegah Covid-19 hingga 95%!

- 26 November 2020, 22:52 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 buatan Rusia Sputnik V. (Pixabay)
Ilustrasi vaksin Covid-19 buatan Rusia Sputnik V. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Pada Selasa (24/11/2020), pihak produsen vaksin asal Rusia, Sputnik V, mengklaim bahwa tingkat keefektifan vaksin Covid-19 mencapai 95% dalam hasil awal uji klinis. 

Dalam siaran persnya, Pusat Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya di Moskow mengatakan analisis sementara dari uji coba skala besar yang sedang berlangsung di Rusia telah menunjukkan kemanjuran 95% untuk vaksin "Sputnik V". 

Rilis tersebut mengutip menteri kesehatan Rusia, Mikhail Murashko.

“Hasil Sputnik V adalah solusi yang efisien untuk menghentikan penyebaran infeksi virus korona," kata Murashko.

Namun ia juga mencatat tinjauan tersebut hanya mencakup total 20 kasus COVID-19 dalam kelompok yang divaksinasi dan kelompok plasebo - terlalu sedikit untuk klaim yang meyakinkan, kata para ahli di dalam dan di luar Rusia.

Meskipun demikian, hal tersebut dianggap sebagai berita positif dalam pencarian vaksin untuk menangani pandemi Covid-19, yang belum kunjung diketahui kapan berakhirnya.

Dilansir dari The New York Times, Rusia telah memasarkan vaksinnya sebagian besar di negara-negara bekas jajahan Soviet dan negara-negara dengan ekonomi berkembang, dengan mengatakan biaya satu dosis akan kurang dari 10 Dolar.

Para pejabat mengatakan bahwa pembuat vaksin telah menerima pesanan 1,2 miliar dosis dari sekitar 50 negara. Dana Investasi Langsung Rusia mengatakan bahwa sekitar 10.000 orang telah diinokulasi di bawah persetujuan penggunaan darurat.***

Penulis: Syafira Nur Alifah

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x