3 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Mengganggu

- 10 Juni 2022, 19:20 WIB
Ilustrasi  Cara Mengatasi Hidung Tersumbat/pixabay
Ilustrasi Cara Mengatasi Hidung Tersumbat/pixabay /

JAKSELNEWS.COM - Cara Mengatasi Hidung Tersumbat - Hidung tersumbat memang cukup mengganggu ketika melakukan aktivitas pekerjaan yang ringan maupun berat. Sehingga pastinya dengan hidung tersumbat akan menghambat juga pekerjaan yang memang seharusnya dilakukan.

Maka dari itu, pastikan juga mengetahui cara mengatasinya agar cepat kembali normal dan dapat beraktivitas nyaman kembali seperti semula. Sehingga semua kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Hidung Tersumbat Sebelah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Yang Bisa Dicoba

Ada banyak cara untuk dilakukan agar terhindar dari hidung tersumbat yang bisa jadi terjadi kapan saja jika tidak mencegahnya. Maka dari itu, bisa coba beberapa hal berikut ini untuk mengatasi hidung tersumbat.

Rutin Membuang Ingus

Jika sedang mengalami hidung tersumbat, memang akan lebih terasa nyaman jika ingus yang memang sudah mulai menumpuk di hidup untuk dibuang. Sebaiknya jangan sampai ingus tersebut menumpuk di dalam hidung, biarkan dibuang langsung saja jika memang mengganggu.

Bahkan jika tidak dibuang akan cukup mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan saat itu juga. Terlebih memang ingus tersebut akan terus keluar jika memang tidak dibuang sedikit demi sedikit. Tetapi caranya harus juga dengan lembut, bisa dengan cara menutup salah satu lubang hidung yang akan dibuang ingusnya.

Baca Juga: Hidung Mampet Jadi Lega! Ini 5 Makanan yang Disarankan untuk Penderita Flu

Menggunakan Uap Hangat

Menggunakan uap hangat merupakan pilihan yang cukup banyak disarankan oleh dokter jika mendatangi dokter ketika mengalami hidung tersumbat. Dan pastikan bahwa memang uap yang digunakan hangat tidak asal uap yang bisa digunakan juga. Jika memang ingin gunakan uap lebih baik gunakan uap yang tersedia di tempat dokter.

Mencuci Hidung Menggunakan Air Garam

Cara terakhir bisa gunakan air garam yang dimasukan ke dalam hidup dan dikeluarkan kembali. Cara ini memang bisa menghilangkan virus serta bakteri yang berada di bagian dalam hidung.

Bisa gunakan air garam yang dilarutkan dengan baking soda. Dan pastikan caranya dilakukan dengan memasukan melalui lubang satu keluar di lubang satu lagi. Tetapi cara ini memang tidak mudah untuk diikuti, makanya perlu dilakukan secara hati-hati.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x