6 Minuman Khas Indonesia Ini Bisa Menghangatkan Anda di Musim Hujan Lho!

- 1 Desember 2020, 11:31 WIB
Ilustrasi minuman khas Indonesia. (Pixabay)
Ilustrasi minuman khas Indonesia. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM – Di Indonesia akhir-akhir ini sering turun hujan yang berefek ke cuaca jadi terasa dingin. Biasanya, saat cuaca dingin, teh dan kopi hangat akan jadi minuman yang hadir menemani. Tetapi, tak ada salahnya untuk coba berbagai minuman hangat khas Indonesia yang akan diulas pada artikel ini.

Ketersediaan rempah-rempah yang berlimpah juga saking beragamnya budaya kuliner di Indonesia mempengaruhi makanan juga minuman yang dikenal masyarakat. Selain itu, penggunaan rempah-rempah yang memiliki khasiat tersendiri menjadikan minuman-minuman ini menyehatkan bagi tubuh.

Berikut minuman khas Indonesia yang bisa menghangatkan dan mudah dicari di lingkungan sekitar.

Bajigur

Pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang berasal dari Jawa Barat ini. Bajigur dibuat dengan bahan utama santan, gula merah atau gula aren, jahe, vanili bubuk dan garam. 

Bajigur bisa dinikmati langsung ataupun ditemani dengan pisang rebus, ubi rebus juga kue-kue basah.

Bandrek

Selain bajigur, ada bandrek yang juga berasal dari Jawa Barat. Sedikit berbeda dengan bajigur, bahan dasar bandrek adalah jahe dan gula merah lalu diberi daging kelapa yang dikeruk.

Wedang jahe

Banyak manfaat jahe untuk tubuh, membuat minuman dengan bahan dasar jahe mudah ditemukan. Salah satunya, wedang jahe, minuman yang banyak dikenal di masyarakat.

Seperti namanya, wedang jahe ini mengutamakan jahe sebagai bahan dasarnya. Bisa juga menambahkan serai, kayu manis agar semakin berkhasiat dan gula merah sebagai rasa manis.

Bir Pletok

Minuman khas dari Jakarta ini mengandung banyak rempah-rempah, seperti cengkeh, kapulaga, jahe, pala dan untuk warna merah digunakan kayu secang.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x