6 Cara Mengantisipasi Banjir, Mari Lakukan Sejak Sekarang!

- 7 Desember 2020, 13:57 WIB
Cara mengantisipasi banjir. (Pexels)
Cara mengantisipasi banjir. (Pexels) /Pexels

JAKSELNEWS.COM - Saat ini Indonesia sedang mengalami curah hujan sedang di sebagian besar wilayahnya. Namun, lantaran hujan terjadi nyaris setiap hari, tak menutup kemungkinan akan terjadi banjir di beberapa tempat.

Selain karena curah hujan, penyebab banjir antara lain adalah lantaran air sungai yang meluap dari dataran tinggi ke dataran rendah, banyaknya sampah yang tersumbat di aliran sungai, dan masih banyak lagi.

Belajar dari peristiwa-peristiwa di awal tahun 2020 lalu di mana banyak sekali daerah yang tadinya tidak terkena banjir tiba-tiba dilanda banjir yang cukup besar, sudah jelas tidak ada yang bisa memprediksi bencana. Jika sudah seperti itu, Anda hanya bisa mengantisipasinya.

Berikut adalah cara mengantisipasi banjir:

1. Mencari Tahu Informasi Terkini

Anda perlu mencari tahu informasi terbaru tentang curah hujan, status air di bendungan, dan pintu air. 

2. Mengamankan Barang ke Tempat yang Lebih Tinggi

Hal yang dapat dilakukan berikutnya adalah mengamankan barang-barang anda ke tempat yang lebih tinggi, hal ini dilakukan saat hujan sedang tinggi, agar sewaktu-waktu banjir datang dengan capat, anda tidak kebingungan. 

3. Mengamankan Soket dan Kabel Listrik

Mengamankan soket dengan cara menutupnya menggunakan lakban, serta mengamankan kabel listrik di tempat yang lebih tinggi, dengan begitu rumah anda akan terbebas dari korslet.

4. Simpan Dokumen-dokumen Penting dalam Satu Tempat

Mengumpulkan dokumen-dokumen yang penting dalam satu tempat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti, dokumen terendam atau terbawa banjir.

5. Simpan Nomor Telepon Darurat

Pentingnya menyimpan nomor telepon darurat agar membantu mengevakuasi anda atau orang lain saat banjir tinggi dating, tak hanya bantuan evakuasi, anda bisa meminta perahu karet.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x