Tak Hanya Menghangatkan, Ini 7 Manfaat Jahe Lainnya

- 8 Desember 2020, 09:04 WIB
Manfaat jahe selain menghangatkan tubuh. (Pixabay)
Manfaat jahe selain menghangatkan tubuh. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Musim hujan telah tiba. Saat musim ini tiba tentunya paling enak bila ditemani dengan minuman yang menghangatkan. Biasanya minuman olahan jahe yang mengisi peran tersebut.

Rupanya, jahe tidak hanya untuk menghangatkan tubuh saja, tetapi memiliki segudang manfaat. 

Berikut ini 7 manfaat jahe, mengutip Pikiran-Rakyat.com dengan judul 7 Manfaat Jahe, Bukan Cuma Menghangatkan Tubuh Saat Musim Hujan

1. Antiinflamasi

Jahe memiliki senyawa bioaktif yang bertanggung jawab atas sebagian besar khasiat obatnya yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat bernama gingerol.

2. Bisa Mengobati Mual

Dengan menggunakan sekitar 1-1,5 gram, jahe bisa mengobati atau meredakan mual pada pasien yang sehabis operasi dan pasien yang menjalani kemoterapi, bahkan bisa meredakan berbagai jenis mual.

3. Mengurangi Nyeri Otot

Karena memiliki sifat anti-inflamasi, jahe tampaknya efektif untuk mengurangi perkembangan nyeri otot sehari-hari dan juga dapat mengurangi nyeri otot akibat olahraga.

4. Membantu Mengatasi Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah jenis arthritis atau peradangan sendi yang menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe efektif dalam mengurangi gejala osteoarthritis, yang merupakan masalah kesehatan yang sangat umum.

5. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Jahe telah terbukti dapat menurunkan kadar gula dalam dan dapat memperbaiki berbagai faktor risiko penyakit jantung pada pasien diabetes tipe 2.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x