5 Hal Simpel dan Mendasar untuk Jaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

- 8 Desember 2020, 13:43 WIB
Tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan. (Pexels)
Tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan. (Pexels) /Pexels

JAKSELNEWS.COM - Sekarang ini sudah memasuki musim hujan dan kesehatan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan agar selalu sehat.

Saat musim hujan tiba, kuman akan senang berkembang biak karena kondisinya yang lembab, serta banyaknya genangan yang membuat nyamuk menghasilkan jentik-jentik nyamuk.

Dengan begitu, muncul beberapa penyakit, seperti pilek, diare, hingga demam berdarah yang mengintai tubuh. Oleh karena itu, anda perlu menjaga kesehatan tubuh agar tetap melakukan aktivitas dengan baik.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan saat musim hujan tiba:

1. Konsumsi makanan sehat dan jaga pola makan

Dengan mengonsumsi makanan sehat maka tubuh akan terlindungi dari serangan penyakit. Oleh karena itu, anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, seperti perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, sayur dan buah-buahan, bawang putih dan jahe, dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

2. Olahraga

Saat hujan tiba, semua orang akan menjadi malas-malasan, padahal dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan endorfin sehingga mood anda bisa menjadi positif.

3. Banyak minum air putih 

Ternyata pada saat musim hujan, minum banyak air putih juga sangat dianjurkan karena saat musim hujan, banyak virus yang berkembang dengan cepat maka dengan minum banyak air putih dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

4. Gunakan pakaian yang hangat

Gunakan selalu pakaian hangat apabila cuaca dingin, agar tubuh selalu hangat. Flu datang karena kondisi suhu tubuh yang dingin, terutama hidung. 

5. Jaga kebersihan

Sudah kewajiban menjaga kebersihan, tetapi anda perlu ekstra lagi saat musim hujan tiba dan memastikan lingkungan anda bersih, agar tidak terjadi berkembang biaknya bakteri dan jentik-jentik nyamuk.***

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x