Yuk Kenali Aplikasi Bantu Penanganan Covid-19, Solusi Keadaan Darurat

- 28 Desember 2020, 14:21 WIB
Kominfo gandeng Halodoc hadirkan layanan telemedicine di PeduliLindungi (HO/Halodoc)
Kominfo gandeng Halodoc hadirkan layanan telemedicine di PeduliLindungi (HO/Halodoc) /HO/Halodoc

JAKSELNEWS.COM - Pemerintah telah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk penanganan Covid-19 di Indonesia melalui aplikasi digital.

Langkah ini merupakan upaya pemerintah untuk memerangi penyebaran Virus Corona. Sebagaimana dilansir Jakselnews.com dari artikel ANTARA, Anda dapat mengambil langkah cepat dalam menangani virus Covid-19 melalui aplikasi-aplikasi sebagai berikut.

1. PeduliLindungi

Kominfo dan Kementrian BUMN telah mengembangkan aplikasi untuk melacak penyebaran virus Covid-19 bernama PeduliLindungi sejak Bulan Maret 2020. Aplikasi ini adalah aplikasi buatan dalam negeri yang dijalankan sepenuhnya oleh Telkom Indonesia. Anda bisa unduh PeduliLindungi di Play Store dan App Store.

Aplikasi PeduliLindungi dipasang untuk orang yang positif terjangkit COVID-19. Aplikasi ini memiliki fitur tracking, pelacakan, dapat melihat "log" pergerakan orang yang positif terinfeksi virus corona selama 14 hari ke belakang.

Berdasarkan hasil penelusuran, aplikasi akan memberikan peringatan kepada nomor-nomor ponsel yang berada di sekitar pasien positif COVID-19 untuk segera melakukan protokol Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Kominfo menggandeng Gojek untuk memperluas akses aplikasi PeduliLindungi sejak 23 Juni. Selain itu, PeduliLindungi menambahkan layanan telemedis untuk membantu masyarakat memantau kesehatan. Kementerian bekerja sama dengan Good Doctor Technology dan GrabHealth untuk menyediakan layanan telemedis di aplikasi ini yang bisa diakses 24 jam. Anda dapat mencari fitur ini di menu “teledokter”.

2. Aplikasi 10 Rumah Aman

Kominfo bersama Kantor Staf Presiden (KSP) meluncurkan aplikasi berbasis komunitas bernama 10 Rumah Aman untuk memantau persebaran virus corona di lingkungan rumah pada bulan Maret silam.

Aplikasi 10 Rumah Aman merupakan bagian dari program Dasawisma yang diadakan PKK, dengan pendekatan memantau lingkungan sekitar rumah. Satu orang akan menjadi koordinator bagi beberapa rumah yang ada di sebelahnya atau dekat tempat tinggalnya.

Aplikasi ini berfungsi untuk pencatatan suhu tubuh berkala di lingkungan masyarakat.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x