Guru Olahraga SMPN 4 Gunung Kidul jadi Wasit Bulu Tangkis di Olimpiade Tokyo

- 4 Agustus 2021, 22:39 WIB
Wahyana, guru olahraga yang jadi wasit  badminton di Olimpiade Tokyo 2021
Wahyana, guru olahraga yang jadi wasit badminton di Olimpiade Tokyo 2021 /Instagram @ceritagunungkidul

JAKSELNEWS.COM - Guru olahraga dari Gunung Kidul menjadi salah satu wasit cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020. 

Pria diketahui bernama Wahyana yang berusia 54 tahun yang berasal dari Godean, Sleman. Wahyana merupakan seorang guru olahraga di SMPN 4 Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Sejak dulu memang sudah tertarik dan suka olahraga.
 
Namun, karena mengalami cedera engkel, Wahyana memutuskan berhenti dan beralih bulu tangkis tetapi sebagai wasit. Dirinya punya banyak pengalaman dan mengikuti sertifikasi kompetensi untuk memaksimalkan kemampuannya.
 
 
Mulai dari tingkat Yogyakarta serta Nasional dan akhirnya ke level lebih tinggi yakni Asia. Kini, Wahyana turut menjadi salah satu wasit yang di perhitungkan di tingkat Internasional.
 
Diketahui dari pbdjarum.org, Wahyana masuk ke dalam wasit level BWF Certificated. Hanya terdapat dua orang dari Indonesia yang memiliki sertifikasi ini, yaitu Wahyana dan Qomarul Lailah. Serta, wasit di tingkat ini hanya ada total 46 wasit dari seluruh dunia.
 
Berbagai kejuaraan yang dipimpin olehnya adalah SEA Games, Asean Games, Kejuaraan Dunia, Paralimpic, Piala Sudirman, hingga Piala Thomas/Uber, World Tour Finals.
 
 
Wahyana juga mengaku sudah ada 77 negara yang disinggahinya sebagai wasit pertandingan.
 
Untuk cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020, Wahyana dipercaya untuk menjadi wasit utama saat partai final tunggal putri. Saat itu pertandingan memperebutkan medali emas yang mempertemukan tunggal putri asal China, Chen Yu Fei dengan lawan asal Taiwan, Tai Tzu Ying.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x