Ini Penyebab Omicron Lebih Cepat Menyebar

- 17 Desember 2021, 21:38 WIB
Ilustrasi Virus Omicron
Ilustrasi Virus Omicron /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Varian terbaru virus Covid-19, Omicron dapat menyebar dengan cepat dikarenakan gejala klinis yang ditimbulkan termasuk ringan atau nyaris tidak bergejala.

Hal ini diungkapkan oleh peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Amin Soebandrio seperti dikutip dari Pikiranrakyat.com dengan judul Peneliti Ungkap Omicron Lebiih Cepat Menyebar dan Tidak Bergejala, Jumat 17 Desember 2021.

“Yang menyebabkan dia (Omicron) menyebar karena orang yang terinfeksi itu hampir tidak bergejala, sehingga mereka tetap beraktivitas, tetap bepergian," katanya.  

Karena merasa tidak bergejala, mereka yang sebenarnya telah terpapar virus Omicron  merasa sehat sehingga tetap beraktivitas di tengah masyarakat dan melakukan perjalanan hingga ke luar negeri.

Baca Juga: Mau Jalan-Jalan Blora, Tuban dan Sekitarnya? Sekarang Sudah Bandara Ngloram

Hal inilah yang mengakibatkan virus tersebut lebih cepat ditularkan kepada orang lain.

"Dia (orang yang terinfeksi Omicron) tetap beraktivitas, termasuk bepergian sampai jarak jauh, itu yang menyebabkan virusnya terbawa sampai ke luar negeri atau sampai ke benua lain," ucap Amin seperti dikutip dari Antara.

Untuk itu dirinya meminta agar masyarakat tetap waspada dengan menetapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran varian virus Covid-19 terbaru ini. *** (Pikiran Rakyat/Abdul Muhaemin)

Editor: Ariyanti

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini