Alasan Mengapa Lombok Dijuluki Pulau Seribu Masjid

- 8 Maret 2022, 13:00 WIB
Lombok dijuluki Pulau Seribu Masjid: Masjid Kuno Bayan Beleq Lombok
Lombok dijuluki Pulau Seribu Masjid: Masjid Kuno Bayan Beleq Lombok /Kemeparekraf

JAKSELNEWS.COM - Menurut Standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, Lombok menempati posisi teratas sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia.

Prestasi ini tentu tidak bisa dipisahkan dari kuatnya ajaran Islam di Lombok, bahkan mendapatkan julukan sebagai “Pulau Seribu Masjid”.

Berdasarkan catatan Taufan Hidjaz, seorang dosen dari Institut Teknologi Nasional, terdapat 3.767 masjid besar dan 5.184 masjid kecil yang tersebar di 518 desa di Pulau Lombok.

Hal ini bukanlah tanpa alasan, sebab mayoritas Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok menganut ajaran agama Islam. Bagi masyarakat Sasak, masjid merupakan bangunan penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari mereka.

Baca Juga: Sering Meeting Online Pakai Headset? Begini Cara Cegah Gangguan Pendengaran

Di antara lebih dari 8.000 masjid yang ada di Pulau Lombok, ada beberapa masjid yang kehadirannya  cukup bersejarah bagi masyarakat Lombok.

 

Masjid Kuno Bayan Beleq

Masuk sebagai bangunan cagar budaya, usia Masjid Kuno Bayan Beleq diperkirakan hampir 300 tahun. Bangunan masjid ini sekilas mirip dengan rumah-rumah warga setempat. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu dengan atap berbentuk tumpang.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x