Benarkah Ngemil Sambil Menonton Sebabkan Obesitas?

- 10 Agustus 2020, 09:10 WIB
Ilustrasi nonton sambil ngemil. (Pexels/Jeeshots.com)
Ilustrasi nonton sambil ngemil. (Pexels/Jeeshots.com) /Pexels/Jeeshots.com

JAKSELNEWS.COM - Makan di depan TV, komputer, atau smartphone sambil menonton film atau drama favorit memang terasa menyenangkan. Tapi jika hal ini terus berulang, mungkin saja kebiasaan ini menjadi pola hidup yang tidak sehat.  

Sebuah penelitian pada tahun 2010 oleh Mittal dan rekan menunjukkan jika ngemil sambil menonton TV mungkin mengurangi kemampuan seseorang untuk mengingat jumlah makanan yang sudah ia konsumsi. Hal ini mengakibatkan munculnya kecenderungan makan berlebihan (overeating) pada jam makan berikutnya tanpa menonton TV. 

“Kita cenderung tidak sepenuhnya sadar saat makan di depan TV. Kita juga tidak merasakan makanan sepenuhnya karena kita terganggu,” jelas Dr. Albers seperti dikutip Jakselnews.com dari artikel health.clevelandclinic.org.

Biasanya, ngemil atau makan cenderung dilakukan sepanjang durasi tayangan yang sedang ditonton di TV maupun gadget lainnya. Jika hal ini menjadi kebiasaan, tanpa sadar kebiasaan ini dapat berujung pada makan berlebih yang berakibat pada kenaikan berat badan hingga obesitas. Simak beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan ini seperti yang dibagikan oleh Dr. Albers.

1. Putuskan hubungan antara kedua aktivitas tersebut

Jika merasa membutuhkan makanan atau camilan, ambil jeda sebentar untuk makan di meja makan lalu kembali menonton TV setelah selesai makan.

2. Pilih dengan bijak

Pilihlah camilan yang tidak mengandung gula atau berkafein ketika akan ngemil di malam hari. 

3. Tentukan dan sadari batas

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Cleveland Clinic


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x