Hindari Osteoporosis, Santap 5 Makanan Berkalsium Tinggi Berikut Ini

- 17 Agustus 2020, 12:51 WIB
Keju makanan tinggi kalsium. (Pexels/Naim Benjelloun)
Keju makanan tinggi kalsium. (Pexels/Naim Benjelloun) /Pexels

JAKSELNEWS.COM - Mengonsumsi makanan berkalsium tinggi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium tinggi yaitu dapat memperkuat gigi dan tulang kita, menghindari terkenanya osteoporosis di masa tua, menstabilkan kerja jantung dan mengatasi masalah defisiensi kalsium.

Akan tetapi, jika kita tidak peduli dalam pemenuhan gizi kalsium, maka risiko terdampak rapuhnya jaringan di tulang dan gigi akan makin tinggi. Oleh karena itu, simak berikut ini 5 makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi dilansir melalui artikel di pikiran-rakyat.com dengan judul 7 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi, Salah Satunya Sarden dan Salmon Kaleng  

  1. Keju 

Keju merupakan salah satu makanan produk susu yang memiliki kandungan kalsium paling tinggi. Dengan 33 persen kandungan RDI untuk kalsium, serta kalori dan lemak yang tinggi, keju mengurangi resiko terkena penyakit jantung. 

  1. Sarden & Salmon 

Sarden dan salmon, merupakan ikan yang kaya akan protein. Makanan sehat ini memiliki kandungan 35 persen RDI untuk kalsium. Seporsi salmon dengan ukuran 1 kaleng yang memiliki berat 3 ons 85 gram mengandung 21 persen gizi kalsium. 

  1. Almond

Kacang almond juga termasuk makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi, dengan 3 gram serat per ons mengandung 28 gram kandungan kalsium. Selain itu, kacang Almond juga mengandung protein dan lemak yang sehat. 

Makanan yang kaya akan magnesium ini juga mengandung vitamin E dan mangan.

  1. Bayam 

Bayam adalah makanan yang terkenal memiliki kandungan zat besi tinggi. Zat besi juga membantu kita untuk meningkatkan kalsium dalam tubuh. Satu mangkuk bayam dengan berat 266 gram bayam memiliki kandungan 12 persen RDI untuk kalsium.

  1. Yogurt 

Yogurt adalah salah satu makanan produk susu yang memiliki kandungan kalsium tinggi, sama halnya dengan keju. Yogurt sendiri dikenal sebagai sumber kalsium terbaik. Sebab, yogurt mengandung 30 persen RDI dengan protein dan nutrisi yang terbaik. Hal ini bisa didapatkan dari 1 cangkir yogurt dengan berat 245 gram.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini