Sakit Perut saat Bangun Tidur? Bisa Jadi 5 Hal Inilah Penyebabnya

- 17 Agustus 2020, 14:10 WIB
Ilustrasi sakit perut saat bangun tidur. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi sakit perut saat bangun tidur. (Pexels/Andrea Piacquadio) /Pexels

JAKSELNEWS.COM - Sakit perut di pagi hari tentu terlihat seperti masalah yang sederhana. Secara umum hal itu disebabkan karena dua hal. Yaang pertama dikarenakan perut yang baru saja mulai bekerja untuk mencerna sisa-sisa makanan di bagian usus dan karena sebelum tidur kita mengonsumsi banyak makanan. 

Padahal, setelah mengomsumsi makanan berat pada saat malam hari, maka dibutuhkan waktu sekitar satu jam jeda untuk membiarkan sistem pencernaan menyerap dan mengolah makanan yang ada di perut kita itu. 

Namun, ada penyebab lain yang memicu sakit perut di pagi hari. Dilansir dalam artikel sebelumnya di Pikiran-rakyat.com dengan judul Sakit Perut pada saat Bangun Tidur? Simak 5 Hal yang Harus Dilakukan beberapa penyebab sakit perut lainnya yang dirasakan pada saat setelah bangun tidur adalah sebagai berikut.

1. Meminum Kopi

Minum kopi di saat bangun dan sebelum tidur tentu sangat tidak sehat bagi perut. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang tinggi pada kopi dinilai tidak ramah bagi seseorang yang memiliki pencernaan jelek. Selain itu, menurut Steven Fleisher, MD, kepala gastroenterologi dan direktur endoskopi intervensi di Pusat Penyakit Pencernaan di MedStar Franklin Square Medical Pusat di Baltimore, MD, kopi termasuk dalam kategori minuman keras ringan yang memiliki efek pengenduran tekanan pada katup yang menghubungkan antara tenggorokan dengan perut, sehingga dapat menyebabkan asam lambung meningkat. 

2. Belum Sarapan

Setelah bangun tidur akan lebih baik jika mengonsumsi makanan yang ringan dan tidak berminyak, karena menurut Jonathan Cohen, MD. Salah seorang profesor klinis dari kedokteran NYU yaitu Langone School of Medicine mengatakan, sakit perut pada pagi hari dapat diatasi dengan memakanan makanan yang lebih mudah untuk dicerna. 

3. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas pada saat sebelum tidur juga tidak bagi bagi kondisi tubuh. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan asam lambung meningkat pada saat tubuh sedang dalam kondisi tidur terlentang. Selain itu, memakan makanan pedas pada saat sebelum tidur, dapat menyebabkan buang air besar yang berlaku secara berlebihan atau diare. 

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x