10 Wisata Malang yang Asyik untuk Destinasi Liburan Keluarga

- 2 September 2020, 05:10 WIB
Sumber Maron, Malang, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani)
Sumber Maron, Malang, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani) /Sumber Maron, Malang, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani)

JAKSELNEWS.COM - Warga Jawa Timur tentunya tak asing dengan berbagai kawasan wisata Malang yang cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Dari Kota Malang, Kabupaten Malang sampai Kota Batu banyak sekali lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Malang berada di daerah pegunungan, sehingga membuat udaranya relatif sejuk dan menjadikannya salah satu tempat tujuan wisata favorit di Jawa Timur.

Jenis wisata yang disuguhkan oleh Kawasan Malang ini juga bermacam-macam. Mulai dari wisata di area kota, waduk/laut, sampai pegunungan.  Berikut adalah 10 destinasi wisata Malang yang cocok untuk liburan keluarga.

1. Wisata Malang Paralayang Gunung Banyak

Paralayang Gunung Banyak, Batu, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani)
Paralayang Gunung Banyak, Batu, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani) Paralayang Gunung Banyak, Batu, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani)

Paralayang Gunung Banyak berada di kawasan Kota Batu dengan memiliki ketinggian 1.326 Mdpl. Pada awalnya, kawasan ini merupakan landasan take off dari atlet Paralayang. Namun, seiring berjalannya waktu tempat ini menjadi kawasan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan untuk menikmati indahnya Kota Batu, Malang dari atas. 

Bagi para wisatawan yang ingin melakukan terbang bebas akan dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman dan akan dikenakan tarif sekitar Rp. 400 Ribu. Untuk wisatawan yang hanya ingin menikmati saat berada di puncak Paralayang Gunung Banyak ini hanya akan dikenakan tarif parkir sekitar Rp. 5000 per kendaraan. Apabila wisatawan menggunakan sepeda hingga mencapai puncak Paralayang Gunung Banyak ini tidak akan dikenakan biaya apapun. 

2. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina, Malang, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani)
Pantai Goa Cina, Malang, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani) Pantai Goa Cina, Malang, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani)

Pantai Goa Cina adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama asli dari pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Namun, karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang Tionghoa yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah popular dibandingkan dengan Goa Cina yang digunakan sampai sekarang. 

Untuk memasuki wisata Malang berupa pantai ini, setiap orangnya hanya dikenakan tarif Rp. 5.000/orang. Apabila anda membawa kendaraan, akan dikenakan tarif parkir yaitu Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 bagi yang membawa mobil. Sebelumnya, pantai ini tidak terlalu terkenal. Namun, setelah banyak wisatawan yang berlibur ke pantai tersebut, akhirnya pantai tersebut mulai dijadikan destinasi oleh para wisatawan bersama keluarganya maupun teman-temannya. 

3. Alun-Alun Kota Wisata Batu

Alun-alun Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani)
Alun-alun Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani) Alun-alun Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Dok.Pribadi (Fauzi Adani)

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x