Berikut Ini 4 Makanan Fermentasi yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

- 27 September 2020, 16:26 WIB
Yogurt, salah satu makanan fermentasi yang baik bagi tubuh. (Pexels)
Yogurt, salah satu makanan fermentasi yang baik bagi tubuh. (Pexels) /Pexels

JAKSELNEWS.COM - Makanan fermentasi adalah makanan olahan yang memiliki waktu pengawetan paling lama daripada makanan pada umumnya. Karena makanan ini diolah dengan menggunakan bakteri sehingga dapat memecah antara gula dengan minuman atau makanan yang sedang difermentasi.  Hal ini menyebabkan makanan fermentasi memiliki kandungan probiotik dan bakteri yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama saluran pencernaan. 

Melansir dari salah satu artikel di laman Pikiran-rakyat.com dengan judul 4 Olahan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Risiko Stroke hingga Penyakit Jantung  berikut ini 4 makanan fermentasi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh: 

1. Kimchi

            Kimchi adalah makanan khas korea yang terbuat dari olahan sayuran yang telah difermentasi seperti lobak dan kubis. Makanan kimchi sudah tentu kaya akan nutrisi dan gizi, sehingga dinilai dapat mengatasi penyakit kolesterol dan diabetes. 

2. Tempe

            Tempe merupakan salah satu makanan fermentasi yang paling terkenal. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini ternyata kaya akan kandungan probiotik dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat mengonsumsi tempe adalah dapat mengurangi resiko terkena penyakit serangan jantung serta dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. 

3. Miso 

            Miso adalah salah satu bumbu makanan khas jepang yang terbuat dari fermentasi antara kacang kedelai dengan jamur dan garam. Makanan ini seringkali disajikan bersamaan dengan sup dan mie. dengan rutin mengonsumsi miso, maka tubuh akan terlindungi dari bahaya terkena penyakit stroke.

4. Yogurt 

            Yogurt merupakan minuman olahan susu fermentasi yang memiliki nutrisi yang baik, nutrisi yang terkandung di dalam yogurt sangat bermanfaat bagi anda yang sedang melakukan proses diet. Karena dengan mengonsumsi yogurt dapat mengurangi berat badan, bagus untuk kesehatan tulang serta bisa menurunkan tekanan darah tinggi.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x