Inilah 10 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Anda Lakukan saat Isolasi Mandiri

- 18 Oktober 2020, 06:30 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri. (Pexels/Vlada Karpovich)
Ilustrasi isolasi mandiri. (Pexels/Vlada Karpovich) /Pexels/Vlada Karpovich

JAKSELNEWS.COM - Beraktivitas di luar rumah merupakan kegiatan sangat rentan terkena virus Covid-19. Tanpa disadari banyak sekali orang yang menjadi orang tanpa gejala (OTG) sehingga dapat dikatakan carrier.

Oleh sebab itu, jika anda merasa melakukan aktivitas di daerah rawan Covid-19 cobalah melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Namun, bagi Anda yang harus menjalani isolasi mandiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan baik-baik. Bukan hanya untuk kebaikan Anda, namun juga kesehatan anggota keluarga yang tinggal satu rumah dengan Anda.

Berikut kami ulas 10 hal yang perlu dan tidak boleh dilakukan selama isolasi mandiri dilansir Jakselnews.com dari artikel Pikiran-rakyat.com berjudul 11 Hal yang Harus dan Tidak Boleh Anda Lakukan saat Isolasi Mandiri Covid-19

1. Tinggal di Kamar Terpisah

Orang yang harus menjalani isolasi mandiri wajib dipisahkan dengan anggota keluarga atau penghuni rumah lainnya.

2. Jangan Keluar Rumah Sama Sekali

Selama masa isolasi, jangan ke luar rumah sama sekali. Minta bantuan orang lain atau gunakan jasa antar (delivery) untuk makanan dan berbagai kebutuhan pokok Anda.

3. Pakai Masker dan Jaga Jarak

Pasien maupun anggota keluarga lain wajib memakai masker di dalam rumah dan selalu jaga jarak untuk menghindari kemungkinan paparan Covid-19.

4. Pantau Suhu Pasien Dua Kali Sehari

Cek suhu tubuh pasien isolasi mandiri untuk ketahui kondisi pasti sehingga apabila tiba-tiba drop, bisa segera panggil bantuan medis.

5. Pisahkan Alat Makan dan Pakaian

Peralatan makan dan pakaian untuk pasien isolasi mandiri wajib terpisah dengan penghuni rumah lain. Cucilah dengan air panas.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x