Berhubungan dengan Mitologi Yunani, Ini Makna Judul Drama Korea Sisyphus: The Myth

- 16 Maret 2021, 17:42 WIB
Berhubungan dengan Mitologi Yunani, Ini Makna Judul Drama Korea Sisyphus: The Myth
Berhubungan dengan Mitologi Yunani, Ini Makna Judul Drama Korea Sisyphus: The Myth /@jtbcdrama/Instagram

 

JAKSELNEWS.COM - Setiap film, drama, dan serial memiliki judul yang mencakup keseluruhan cerita atau pesan yang ingin disampaikan kepada penonton. Seperti halnya drama Korea juga memiliki judul yang menggambarkan isi cerita, contohnya Sisyphus: The Myth. Drama yang dibintangi oleh Park Shin-hye ini bergenre fantasi, science ficiton, action, dan melo drama.

Ada alasan mengapa judul ini dipilih oleh tim produksi SBS. Dalam mitologi Yunani, Sisyphus merupakan seorang raja licik nan tamak dari kerajaan Efira. Dikisahkan bahwa Raja Sisyphus sering kali membangkang terhadap para dewa, berbuat hal mengerikan pada rakyatnya, hingga pernah membocorkan rahasia dewa tertinggi, Zeus.

Melihat itu, Zeus akhirnya melempar Raja Sisyphus ke neraka dan menghukumnya dengan sebuah kutukan. Di dalam neraka, Sisyphus dikutuk Zeus memiliki obsesi untuk selalu mendorong sebongkah batu besar ke puncak bukit. Namun, batu besar tersebut selalu menggelinding kembali ke kaki bukit akibat kekuatan penguasa neraka, Hades. Sehingga Sisyphus yang memiliki obsesi selalu kembali mendorong batu besar itu ke puncak bukit berulang kali, selamanya.

Baca Juga: Riz Ahmed Aktor Muslim Pertama Dalam Daftar Nominasi Oscar

Lantas apa hubungan mitologi ini dengan drama Korea Sisyphus: The Myth? Dalam penayangan episode 8 drama Sisyphus: The Myth, Sohae di masa depan menemukan sepasang tengkorak beserta buku harian yang berisi sebuah pesan untuk dirinya. Pesan itu mengatakan bahwa tengkorak yang ada di hadapannya merupakan Sohae dan Han Tae Sul. Tertulis juga bahwa hanya Sohae lah yang dapat mencegah terjadinya perang dengan melindungi Han Tae Sul di masa lalu. Pada adegan itu, Sohae tiba-tiba juga mengalami beberapa kilasan ingatan akan masa lalu dalam pikirannya. 

Adegan episode 8 drama Korea Berhubungan dengan Mitologi Yunani, Ini Makna Judul Drama Korea Sisyphus: The Myth
Adegan episode 8 drama Korea Berhubungan dengan Mitologi Yunani, Ini Makna Judul Drama Korea Sisyphus: The Myth

Hal itu menciptakan sebuah teori bahwa kemungkinan Sohae terjebak dalam time loop. Berbeda dengan time travel di mana sang pengelana waktu dapat mengunjungi waktu tertentu sesuka hati. Pengelana waktu dalam time loop memiliki misi yang harus diselesaikan. Bila si pengelana tidak mampu menyelesaikan misi, ia akan terus terjebak dalam lingkaran waktu dan mengulangi misinya hingga selesai. Terlihat mirip dengan kutukan Sisyphus, bukan?

Teori itu melahirkan anggapan bahwa ini bukanlah perjalanan waktu pertama Sohae. Kemungkinan, tokoh yang diperankan Park Shin-hye itu sebelumnya gagal melindungi Han Tae Sul dan mencegah terjadinya perang. Sehingga ia kembali lagi ke masa lalu untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga menjadi alasan mengapa pada adegan awal ayah Sohae berpesan untuk menjauhi Han Tae Sul saat nanti ia sampai di masa lalu.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x