Biden Tegaskan Kembalinya Kepemimpinan AS dalam Diplomasi Global

- 20 Februari 2021, 09:56 WIB
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. (Instagram.com/@joebiden)
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. (Instagram.com/@joebiden) /Instagram.com/@joebiden

JAKSELNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden akan mendorong pembicaraan tatap muka dengan Iran mengenai program nuklirnya sebagai langkah untuk membangun kembali perjanjian internasional yang ditolak mantan presiden Donald Trump, dan akan meyakinkan sekutu bahwa Amerika Serikat akan berpegang pada komitmennya di masa depan. 

Pemerintahan Biden membuka pintu untuk pembicaraan pada hari Kamis, mengatakan akan menerima undangan untuk bergabung dengan anggota lain dari perjanjian 2015 untuk membicarakan tentang bagaimana Amerika Serikat dan Iran dapat kembali ke posisinya. 

Ini juga dimaksudkan untuk membantu membujuk Iran agar tidak memperburuk keadaan dengan mengusir pengawas internasional minggu depan.

Baca Juga: Joe Biden Tunjuk Jennifer Granholm Jadi Menteri Energi, AS Akan Genjot Energi Terbarukan?

Setelah berfokus terutama pada prioritas domestik di bulan pertamanya menjabat, termasuk pandemi virus Covid-19 dan kesengsaraan ekonomi di AS, Biden menyampaikan komentarnya yang paling luas tentang kebijakan luar negeri hingga saat ini. 

Dalam pertemuan virtual dengan para pemimpin G7 dan dalam pidatonya di Konferensi Keamanan Munich pada hari Jumat, Biden akan berkomitmen kembali pada prinsip diplomasi internasional yang telah ditinggalkan Trump, seorang pejabat senior pemerintah mengatakan. 

"Presiden sangat ingin memperkuat komitmennya untuk mengembalikan Amerika Serikat ke keterlibatan multilateral dan khususnya untuk terlibat dengan negara demokrasi utama dan ekonomi pasar dunia dalam agenda bersama," kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim. Dikutip Jakselnews dari Washington Post pada Jumat, 19 Februari 2021.

Baca Juga: Electoral College Berkumpul, Joe Biden Resmi Jadi Presiden AS ke-46

Pada sesi tertutup G-7, Biden akan fokus pada krisis pandemi, dampak ekonomi global dan perubahan iklim. Hari Jumat menandai kembalinya pemerintah AS ke kesepakatan iklim Paris setelah penarikan Trump. Biden akan bersikap optimis tentang investasi global untuk menghadapi dan pulih dari pandemi, kata pejabat itu. 

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Washington Post


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x