Ini Tanggapan Wagub DKI, soal Presiden AS Joe Biden Sebut Jakarta Terancam akan Tenggelam

- 31 Juli 2021, 20:00 WIB
Di kantor Intelijen Amerika Serikat, Presiden Joe Biden sebut Jakarta akan tenggelam.
Di kantor Intelijen Amerika Serikat, Presiden Joe Biden sebut Jakarta akan tenggelam. /Reuters (Jonathan Ernst)/ntmcpolri.info

JAKSELNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa Ibu Kota Indonesia Jakarta terancam tenggelam dalam 10 tahun mendatang. 

“Apa jadinya di Indonesia kalau proyeksinya tepat, 10 tahun ke depan mungkin ibukota harus pindah karena akan berada di bawah air?,” ujar Biden dalam pembicaraan soal perubahan iklim yang bertempat di Kantor Direktur Intelijen Nasional AS
 
Dalam hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi pernyataan itu, Riza mengatakan Jakarta memang memiliki dataran yang rendah. Namun, tidak berarti Jakarta 10 tahun kemudian akan tenggelam.
 
“Jadi di Jakarta ada penurunan muka tanah setiap tahunnya. Namun tidak berarti 10 tahun Jakarta tenggelam,” ujar Riza di Jakarta, Sabtu 31 Juli 2021.
 
 
Wagub DKI Jakarta itu juga menegaskan bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta akan terus tetap mengupayakan agar Jakarta tidak tenggelam.
 
Upaya-upaya tersebut antara lain berupa penyedotan air tanah, pipanisasi PAM Jaya yang terus ditingkatkan agar kebutuhan air bersih dapat terjaga. 
 
Kemudian membuat program percepatan pipanisasi, air bersih, dan air minum di Jakarta.
 
“Mudah-mudahan ini bisa mengurangi (penurunan) muka air tanah di Jakarta. Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian (Biden) bahwa Jakarta akan tenggelam,” ujar Riza dengan tegas
 
Selain itu, Riza juga menyampaikan bahwa pihaknya terus menyiapkan program, agar ROB (banjir di tepi pantai) di Jakarta Utara dapat teratasi. 
 
 
Dalam hal ini, jika upaya-upaya dan program terus disiapkan serta dilakukan, Riza cukup optimis bahwa Jakarta tidak tenggelam dalam waktu 10 tahun mendatang.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Ayo Jakarta


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x