Joe Biden Sebut Trump Abaikan Protokol Kesehatan Saat Berkampanye di Gedung Putih

- 12 Oktober 2020, 08:08 WIB
Joe Biden vs Donald Trump
Joe Biden vs Donald Trump /news.sky.com

JAKSELNEWS.COM - Baru 10 hari dikonfirmasi terjangkit Covid-19, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump ngotot untuk tetap berkampanye dari Gedung Putih dan Florida. Diketahui Trump sudah melakukan kampanye di Gedung Putih pada Sabtu (10/10) lalu.

Dari atas balkon, Trump menyapa massa dengan memberikan pidato tentang hukum dan ketertiban. Seorang narasumber mengutip laman Reuters mengatakan, massa yang hadir dalam kampanye Trump itu kurang lebih ratusan ribu orang. Meski menggunakan masker, massa tersebut tetap dinilai abai karena tidak memperhatikan jarak sosial.

"Terimakasih atas doa dari Anda untuk kesembuhan saya," kata Trump mengawali kampanyenya.

Publik masih bertanya-tanya kesehatan Trump saat dinyatakan terjangkit Covid-19 pada pekan lalu. Meski tenaga medis disana meyakini Trump sudah terbebas dari virus mematikan tersebut, publik masih merasa belum percaya akan kesembuhan Trump yang pada 2 Oktober lalu menginformasikan bahwa ia bersama istrinya positif Covid-19.

Trump menyapa para pendukungnya tanpa menggunakan masker dan mengatakan dirinya kebal terhadap virus tersebut. Tindakan Trump ini membuat rivalnya ikut buka suara. Joe Biden yang merupakan salah satu Calon Presiden AS mengatakan Trump terlalu berani ambil risiko melakukan kampanye terbuka tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

Joe juga mengkritik pendukung Trump karena tidak memperhatikan jarak sosial saat menghadiri kampanye tersebut. "Saya pikir memperhatikan jarak sosial di tengah pandemi ini penting. Mereka boleh di atas rerumputan, asal tetap menjaga jarak," kata Joe Biden.

Sejak terinfeksi Covid-19, kegiatan kampanye Trump memang terhambat. Diketahui debat Capres dengan lawannya Joe Biden pun terpaksa dibatalkan. Sejauh ini menurut hasil survei jelang pemilihan presiden menunjukkan Trump jauh tertinggal dari Joe Biden.

Pada Senin (12/10) malam, Trump direncanakan akan kembali menggelar kampanye di Florida, salah satu daerah krusial untuk pemilihan presiden pada 3 November mendatang. Kampanye akan berlangsung di bandara. Namun, sejauh ini belum jelas apakah kegiatan itu akan digelar di hanggar dengan pintu terbuka, atau di luar ruangan.

Pendukung Trump yang menghadiri kampanye pada malam ini akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker serta cairan pembersih tangan. Juru Bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan Trump terus bekerja keras melakukan kampanye demi masyarakat AS.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x