7 Fakta Mengejutkan Soal Munarman Sang Mantan Panglima Laskar FPI

- 8 Desember 2020, 17:04 WIB
Munarman FPI.
Munarman FPI. /Akbar Faizal Uncensored ft. Munarman PART 2

 

JAKSELNEWS.COM – Munarman, Juru Bicara sekaligus Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) tengah menjadi sorotan publik.

Munarman mendapat perhatian lantaran dirinya membantah keterangan Kepolisian terkait peristiwa pemberontakan yang terjadi antara salah satu anggota Polri dan sekelompok anggota FPI pada Senin, 7 Desember 2020 dini hari. 

Bahkan, Munarman tak segan menyebut peristiwa penembakan anggota FPI atau pengikut Habib Rizieq Shihab sebagai sebuah pembantaian.

"Itu adalah pembantaian, dalam bahasa Hak Asasi Manusia itu disebut Extra Judicial Killing. Tentu hal tersebut harus ada pertanggungjawaban secara hukum dari pihak yang melakukan pembunuhan," kata Munarman dalam sebuah pernyataan.

Berikut tujuh fakta mengejutkan Munarman, sang mantan panglima laskar Front Pembela Islam (FPI).

1. Mantan Ketua Umum YLBHI

Sebelum menjadi Panglima Komando Laskar Islam FPI, Munarman merupakan seorang Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) yang dilantik pada bulan Oktober 2002.

2. Pernah dianggap radikal

Munarman hampir dipecat sebagai Ketua Dewan Pengurus YLBHI Indonesia lantaran dianggap radikal. Alasan pemecatan tersebut adalah karena sikap serta pemikirannya yang menolak Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai sistem demokrasi Indonesia. Setelah disebut akan dipecat, ia menyatakan perlawanan dan berjanji tidak akan mundur.

3. Calon anggota legislatif 2013 PPP

Pada tahun 2013, Munarman dicalonkan oleh mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suryadharma Ali, sebagai kandidat legislatif. Namun, Munarman diketahui tidak memutuskan apapun mengenai hal tersebut.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x