Dijerat Kasus Baru, Asal Usul Habib Rizieq Keturunan Nabi Muhammad Kembali Disorot

- 11 Januari 2021, 17:00 WIB
Habib Rizieq saat berada di dalam tahanan Polda Metro Jaya. (PMJ News)
Habib Rizieq saat berada di dalam tahanan Polda Metro Jaya. (PMJ News) /PMJ News



JAKSELNEWS.COM
- Penetapan tersangka Habib Rizieq oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri pada Senin, 11 Januari 2021 mengejutkan publik. Sosok Imam Besar organisasi Front Pembela Islam (FPI) yang kini menjadi organisasi terlarang itu pun kembali jadi sorotan, tak terkecuali silsilah dan asal usul Habib Rizieq Shihab yang diketahui adalah keturunan Nabi Muhammad.

Habib Rizieq Shihab ditetapkan menjadi tersangka dalam dugaan pemalsuan tes swab Covid-19 di RS Ummi Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Habib Rizieq, bersama dua orang lainnya yakni Hanif Alatas dan Andi Tatat, dijerat pasal berlapis yakni Pasal 14 Ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit, Pasal 216 Ayat 1 KUHP, serta Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Seperti diketahui, pascamenjalani tes swab Covid-19 di RS Ummi Bogor, Habib Rizieq menyatakan tidak bersedia mengungkapkan hasil tes swab dirinya kepada publik. Ternyata, hal itu lantas dikasuskan oleh kepolisian di saat yang bersangkutan kini juga masih ditahan dalam kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam acara Maulid Nabi Muhammad di Petamburan, tak lama setelah kepulangannya dari Arab Saudi.

Baca Juga: Heboh! Tujuh Rekening Bank Milik Anak Habib Rizieq Diblokir

Berdasarkan penelusuran pustaka yang dilakukan oleh Jakselnews, Habib Muhammad Rizieq Shihab adalah penyandang gelar Habib yang silsilahnya diketahui memiliki kaitan hingga Sayyidina Ali bin Abi Thalib melalui Imam Ahmad al-Muhajir.

Ulama dengan nama lengkap Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab ini adalah seorang tokoh Islam Indonesia yang terkenal sebagai pemimpin dan pendiri organisasi Front Pembela Islam (FPI) yang kini sudah dilarang di Indonesia.

Habib Rizieq dikenal sebagai tokoh Islam yang amat vokal, baik kepada masalah-masalah sosial maupun politik. 

Baca Juga: Baca Juga: Meninggal Dunia, Ini Silsilah Syekh Ali Jaber Sang Imam Masjid Nabawi

Habib Rizieq pun juga terkenal akan sepak terjangnya yang terkadang kontroversial. Ia pernah tersandung masalah pidana pada tahun 2008 karena diduga terlibat dalam kerusuhan Monas, sehingga divonis 1,5 tahun penjara.

Namanya juga berkibar dalam rangkaian demo Aksi Bela Islam atau yang dikenal pula dengan rangkaian aksi 212. Aksi ini berawal pada bulan Desember 2016, saat massa 212 dari berbagai penjuru tanah air menggaungkan dukungan terhadap kasus dugaan penistaan agama yang menjerat mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x