Waspada, Potensi Gelombang Tinggi di Beberapa Daerah Hari Ini dan Besok

- 25 Februari 2021, 12:19 WIB
Ilustrasi Gelombang Tinggi. (Pixabay)
Ilustrasi Gelombang Tinggi. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM – Beberapa wilayah perairan di Indonesia berpotensi mengalami gelombang tinggi pada 25-26 Februari 2021 akibat dampak pusat tekanan rendah atau disebut juga bibit siklon tropis di Samudera Hindia Selatan, Jawa Timur.

“Waspada untuk wilayah Laut Jawa terutama Laut Jawa bagian barat, tengah, dan timur dengan ketinggian gelombang antara 2,5- 4 meter,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo sebagaimana dikutip Jakselnews dari laman Antaranews.

Gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4 meter juga berpeluang di Selat Sunda bagian selatan, Selat Bali bagian selatan dan Selat Lombok bagian selatan.

Baca Juga: Fadli Zon Anggap Ketidakadilan Antara Kerumunan Jokowi dan Habib Rizieq, Begini Tanggapan Relawan Jokowi

Sementara, gelombang laut dengan ketinggian lebih dari empat meter berpeluang di Samudra Hindia Barat Lampung hingga selatan Banten.

Dampak bibit siklon tropis menyebabkan semua angin berpusat di sekitarnya sehingga berpotensi terjadi gelombang tinggi. Jika bibit siklon tropis berkembang, gelombangnya bisa semakin tinggi.

Menurut laporan BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (Jakarta TCWC), terdeteksi adanya potensi bibit siklon tropis di wilayah perairan Nusa tenggara, terlihat pada pukul 13.00 WIB berkembang menjadi bibit siklon tropis 98S.

Baca Juga: Drama Restu Orangtua, Kalina Oktarani Menangis Karena Dianggap Anak Durhaka

Bibit siklon tropis tersebut terpantau di Samudra Hindia mencapai sebelah selatan Jawa Timur dengan posisi di sekitar 13,7 LS-116,3 BT atau sekitar 625 km dari lepas pantai Jawa Timur.***

Editor: Setiawan R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah