CASN 2021 Segera Dibuka, Simak Perbedaan PTN dan Sekolah Kedinasan

- 23 Maret 2021, 22:18 WIB
CASN 2021 Segera Dibuka, Simak Perbedaan PTN dan Sekolah Kedinasan
CASN 2021 Segera Dibuka, Simak Perbedaan PTN dan Sekolah Kedinasan /Instagram/

 

JAKSELNEWS.COM - Pemerintah mengumumkan akan membuka pendaftaran calon aparatur sipil negara atau CASN 2021 pada bulan April nanti. Disebutkan bahwa penerimaan CASN 2021 akan diperuntukkan pegawai negeri sipil (PNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan sekolah kedinasan. Sebelumnya, seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN telah merilis pengumuman kelulusan para peserta pada 22 Maret 2021. 

Selain PTN, sekolah kedinasan juga memiliki banyak peminat berkat keuntungan yang ditawarkan. Bagi Anda yang tertarik atau ingin mengetahui apa itu sekolah kedinasan, simak penjelasan berikut ini.

Sekolah kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan (PTK) merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan. Berikut ini perbedaan antara perguruan tinggi negeri biasa atau PTN dengan sekolah kedinasan.

Baca Juga: Sebut Drama Vincenzo Penuh Kejutan, Warganet: Ga Bisa Percaya Siapapun

Biaya pendidikan

Ilustrasi Mata uang Lira, Turki
Ilustrasi Mata uang Lira, Turki

Perguruan tinggi negeri dan sekolah kedinasan sama-sama berada di bawah naungan pemerintah. Biaya pendidikan PTN dibantu atau diberikan sepenuhnya oleh negara. Dalam periode ini, PTN telah memberlakukan subsidi silang yang berguna untuk membantu mahasiswa yang kekurangan finansial agar dapat berkuliah. Subsidi silang dilakukan dengan membuat slip gaji orang tua sebagai indikator atau tolak ukur uang kuliah yang dibebankan pada mahasiswa.

Sedangkan sekolah kedinasan dibiayai sepenuhnya oleh oleh pemerintah, khususnya lembaga terkait.

Jurusan

Ilustrasi jurusan komunikasi
Ilustrasi jurusan komunikasi

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x