Selamat Untuk Calon Mahasiswa! Simak 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Kuliah

- 23 Maret 2021, 21:00 WIB
ILUSTRASI// Persiapkan 5 hal berikut sebelum masuk kuliah yuk!
ILUSTRASI// Persiapkan 5 hal berikut sebelum masuk kuliah yuk! /(Unsplash/Javier Trueba)

JAKSELNEWS.COM – Apakah kamu salah satunya yang sedang bersiap untuk masuk kuliah pada tahun ini? Pengumuman SNMPTN baru saja dirilis pada Senin, 22 Maret 2021 kemarin dengan total 110.459 siswa yang berhasil lolos.

Rasa senang dan bersemangat untuk kuliah tentunya bukanlah akhir. Kuliah adalah babak baru yang perlu kamu hadapi dalam waktu dekat.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk kuliah? Terdapat empat hal utama yang perlu kamu siapkan sebelum kuliah. Yuk simak apa saja di bawah ini:

Baca Juga: PUBG Mobile Kolaborasi Film Godzilla vs Kong Akhir Maret, Ada Mode Baru?

1. Perbedaan cara belajar

Cara belajar saat kamu sudah menjadi mahasiswa akan lebih mengandalkan dirimu dan kemauan untuk mencari sumber untuk proses belajarmu. Tugas-tugas semasa kuliah juga terkadang melibatkan kerja tim yang melatihmu untuk bekerja kolaboratif dengan orang lain.

Perbanyak membaca buku dan tidak segan bertanya pada kakak tingkat di Fakultasmu. Pada masa kuliah, kamu harus terbiasa membaca dan me-review sendiri materi kuliah.

2. Sosial dan Soft skill

Masa kuliah tidak hanya digunakan untuk belajar materi dan memperoleh prestasi akademik loh. Sebagai calon mahasiswa, kamu harus siap membuka diri terhadap perbedaan antar teman-temanmu sehingga kamu bisa meningkatkan kemampuan bersosialisasi mu sekaligus kemampuan komunikasi.

Baca Juga: Tebak Alur Cerita Mouse, Simak Teori dari Warganet

Leadership dan problem solving skill merupakan kemampuan yang penting untuk dapat berjuang di dunia kerja. Beruntungnya, kamu dapat mengasah kedua kemampuan ini selama masa kuliah. Usahakan untuk bergabung ke komunitas, organisasi, atau unit kegiatan sesuai minatmu untuk melatih soft skill sekaligus memperoleh banyak teman ya.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x