Tidak Hanya Morning Larks dan Nights Owls, Apa Jenis Kronotipe Anda?

- 18 Maret 2021, 11:03 WIB
Kronotipe, tidak hanya morning larks dan night owls loh/ (kolase Jakselnews)
Kronotipe, tidak hanya morning larks dan night owls loh/ (kolase Jakselnews) /Jakselnews

JAKSELNEWS.COM – Tidur merupakan waktu istirahat yang penting bagi setiap orang. Anda tentunya juga menyadari jika waktu tidur mempengaruhi keseluruhan aktivitas sehari-hari Anda.

Waktu tidur dan bangun Anda tidak selalu berdasarkan preferensi Anda. Lebih jauh, tidur merupakan bagian dari ritme sirkadian tubuh kita yang mempengaruhi proses tubuh, mulai dari produksi hormon, metabolisme, dan aktivitas otak dalam siklus 24 jam.

Selama ini, Anda mungkin tidak asing dengan istilah “morning larks” dan “night owl” yang menandakan kapan seseorang tidur dan produktif dalam satu hari. Nah, kedua istilah ini merupakan bagian dari kronotipe, yaitu tipologi sirkadian individu atau kebiasaan individu dalam bangun dan tidur serta aktivitas dan kewaspadaan mereka sepanjang hari.

Baca Juga: TikTok Memperkenalkan Fitur Obrolan Grup pada Akhir Tahun Ini

Nyatanya, kronotipe tidak hanya “morning larks” dan “night owl” loh. Terdapat empat tipe kronotipe dengan nama-nama binatang yang membantu setiap individu memahami jam tidur dan jam produktifnya. Agar lebih memahami kronotipe Anda, mari simak kronotipe beruang, serigala, singa, dan lumba-lumba berikut.

Kronotipe Beruang (Bear)

Individu dengan kronotipe beruang memiliki siklus tidur sesuai dengan matahari. Jika Anda salah satunya, Anda akan lebih mudah bangun saat matahari sudah bersinar terang, yaitu sekitar jam 7 pagi.

Dengan kronotipe beruang, waktu paling produktif Anda biasanya ada pada jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Fokus dan produktivitas kronotipe beruang cenderung menurun setelah jam makan siang, yaitu setelah jam 2 siang hingga jam 4 sore.

Baca Juga: Kebayanya di Prosesi Lamaran Aurel-Atta Menjadi Perdebatan Netter, Ini Penjelasan Krisdayanti

Tidur selama delapan jam tidaklah sulit dan biasanya Anda dengan tipe beruang akan tidur pada rentang jam 11 malam hingga jam 7 pagi. Sebanyak 55% populasi berada dalam kategori ini. Individu dengan kronotipe beruang cenderung lebih ekstrovert dan mengisi kembali energi dari percakapan dengan orang lain.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x